YUK MENGENAL KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN CHROMEBOOK

Notebook Chromebook memang merupakan produk yang belum lama ini muncul. Kami yakin anda pasti tahu browser Chrome milik Google kan? Browser yang sedang naik daun dan dikenal karena performa-nya  yang cepat dan ringan. Lalu apa hubungannya browser Chrome dengan Chromebook..??

os chromebook dekstop

Chromebook adalah sebuah notebook yang menggunakan OS Chrome, dengan konsep yang berbeda dengan Windows dan Linux, karena proses komputasi nya ada di browser. Jadi OS ini berjalan pada Sistem Operasi Browser. Singkatnya, Chromebook adalah sebuah notebook/ultrabook yang dibuat oleh produsen tertentu dan dikhususkan untuk menjalankan Google Chrome OS.

Jika Anda bertanya, “Bagaimana bisa sebuah notebook hanya berbasis sistem sebuah browser?” Tak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang menghabiskan waktunya di depan kommputer hanya untuk menjelajah web menggunakan browser, dan browser yang paling sering digunakan saat ini adalah Google Chrome. Sehingga OS ini sengaja dibuat untuk para fans browser Chrome, ditambah dengan bentuk Chromebook yang compact dan harga yang terjangkau.

Chromebook adalah sebuah produk Google yang cukup inovatif dan berbeda, dengan hadirnya Chrome OS, Google ingin menanggap bahwa OS komputer yang ada sekarang sudah ketinggalan jaman, kaku, dan dipenuhi dengan berbagai hal yang tidak penting seperti software antivirus, aplikasi software yang diinstall di hard disk, system optimization tool, control panel yang bertele-tele dan merepotkan, system tray yang bisa berisi sampai 20 program yang berjalan saat pertama kali dinyalakan, semuanya dirasa tidak perlu dan hanya memberatkan notebook apalagi bagi yang hanya ingin digunakan untuk menjelajah internet.

Namun kegunaan Chromebook sebenarnya tidak terbatas hanya untuk browsing, ada beberapa fitur lainnya yang perlu anda ketahui. Dengan ingterface yang sudah familiar seperti browser Chrome, berikut ini adalah kelebihan yang membedakannya sebagai Chrome OS.

  1. Adanya Login Screen dimana anda dapat login kedalam notebook menggunakan account Google. Setelah login, semua bookmarks, extension, apps dan browser data dari browser Chrome anda akan langsung di-synchronize ke dalam Chromebook. Anda juga bisa membatasi pengguna Chromebook anda atau mengijinkan orang lain untuk dapat login ke dalam chromebook Anda dengan account mereka masing-masing. Kemudahan ini membuat account kita selalu aman dan bisa diakses dari Chromebook siapapun, jadi tidak perlu takut kehilangan / ketinggalan data-data di Chrome karena anda bisa mengakses-nya di Chromebook manapun.
  2. Desktop Background yang bisa anda ganti wallpaper-nya dan bisa anda isi dengan ico shortcut app.
  3. Desktop Taskbar dengan icon menu dan icon aplikasi Chrome yang sudah terinstall. Anda juga bisa pin shortcut maupun icon untuk menyimpan window browser yang sedang berjalan.
  4. Window management yang dapat membantu anda untuk membuka aplikasi dalam windows yang disediakan oleh Chrome, sehingga dapat dengan mudah mengatur posisi dan resize window-nya.
  5. Area pojok bawah yang mirip seperti system-tray pada Windows, dengan petunjuk jam, Wi-Fi menu, battery indocator, dan icon untuk menunjukkan current user. Anda bisa langsung meng-kliknya untuk melihat informasi seperti volume, Wi-FI, Bluetooth, dan status battery.
  6. Pada halaman setting, anda bisa mengatur konfigurasi koneksi jaringan anda, koneksi ke VPN, memilih wallpaper, mengatur setting trackpad, mengkontrol user yang bisa login, dan me-reset Chromebook ke pengaturan default.
  7. Aplikasi Files berguna sebagai file viewers dimana anda dapat melihat gambar, menonton video, memutar musik, membuka dokumen, meng-extract .zip file dan sebaliknya.
  8. Sepaket aplikasi yang bisa berjalan saat offline sekalipun. Seperti Scratchpad sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai notes, Camera yang akan menggunakan webcam Chromebook anda, Calculator, dah aplikasi Help untuk membantu anda jika kesulitan menggunakan Chromebook.

 Nah,ini juga masih kelebihan dari Chrome OS.tapi dari sumber yang berbeda.tampaknya ini lebih spesifik :

1)    Sistem Operasi TERBAIK dan definitif  baik untuk Personal Computer dan  Server !
2)   OS Chrome 100% GRATIS untuk penggunaan pribadi dan komersial, tidak ada satu sen untuk membayar!
3)   DUA KALI LEBIH CEPAT daripada Windows XP dan Mac OSX dan TIGA KALI LEBIH CEPAT daripada Vista!
4)   Hampir SEMPURNA Windows XP dan Mac OSX Emulation software built-in!
5)   OS Google chrome bisa menjalankan hampir 99% perangkat lunak ( Software) asli dan  dari SEMUA Windows XP, Vista dan Mac OSX software!
6)   Requirement MINIMAL kebutuhan hardware: 600 MHz processor, 256MB Ram, 1.5GB hard disk space!
7)   Bisa digunakan pada  Tablet PC,  PC dan versi Mobile  juga tersedia
8)   Bisa Otomatis PARALEL dengan  kecepatan tinggi  pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor!
9)   Mendukung  multicore
10) Kemudahan yang sangan fantastis dalam  instalasi, hanya menyalin Google OS pada HDD yang diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri!
11)  Support dengan format hard disk FAT32, NTFS, Linux
12) Google  OS memproteksi  kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS STOP dari  semua hampir jenis Virus dan Spyware!
13)  Ratusan software GRATIS dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel!) GoOffice Suite!
14) Sempurna menjalankan Google Chrome, GMail dan seluruh Google Docs, aplikasi dan layanan!
15) Tidak ada online dan offline periklanan, NO virus, spyware NO, NO registrasi software bagi pengguna, pokonya  semua GRATIS!
16) Di Google OS Chrome tidak terlalu  tampak banyak task bar yang membingungkan.
Nah,kalo dari gue sendiri belom tau sih,karna jarang menggunakan chrome.masih agak aneh kalo pake chrome,karna belom terbiasa.Well,karna tadi kelebihannya ga afdol kalo ga di share kekurangannya juga.let’s read !

Kekurangan dari Chrome OS

  1. PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  2. Celah Keamanan : beberapa pakar confidence menemukan adanya ubang kecil/bugs pada chrome.sehingga ketika membuka suatu halaman website browser ni menjadi crash.lalu Chrome juga memiliki underline download akan otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan Hacker.
  3. Extensions : pada Chorme tidak dapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan.
  4. Bahasa : pada chrome menggunakan dalam Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *