YUK MENGENAL APA ITU CHROMEBOOK

Acer_Chromebook_C7Apa itu Chromebook..?? mungkin dibenak kita sudah terbesik tentang kata chrome, oh mungkin ini berarti laptop/notebook besutan dari Google atau yang mendukung Chrome, atau apa ..?? Mari kita bahas bersama.

Melihat dari kata “Chrome” di depan nama perangkat ini, anda mungkin sudah bisa menebak siapa di belakangnya. Iya, Chromebook merupakan laptop keluaran Google yang menjalankan sistem operasi Chrome. Yang membedakan laptop ini dengan laptop pada umumnya adalah anda hanya bisa melakukan aktivitas komputasi di browser. Jadi konsepnya berbeda sama sekali dengan Windows atau Linus.

Keunggulan Chromebook

Lalu apa saja keunggulan Chromebook? Yang pertama adalah Chromebook ringan sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana. Chromebook saat diawal-awal debutnya memiliki harga yang relatif terjangkau, namun belakangan muncul versi yang lebih ekslusif yang harganya menyamai ultrabook high-end, yaitu Chromebook pixel. Kapasitas penyimpanan di dalamnya hanya 16 GB, mungkin terbilang kecil jika dibandingkan dengan hard drive laptop. Namun ada Google Drive yang siap menggantikan fungsi local drive.

Untuk saat ini, Chromebook bukanlah gadget yang bisa anda andalkan untuk menjalankan komputasi kompleks, bermain game, dsb. Ini lebih kepada cara baru menikmati komputer. Namun tidak menutup kemungkinan kita akan melihat seri Chromebook yang lebih powerful dalam beberapa tahun ke depan. Anda mungkin mengira bahwa penyimpanan cloud Google Drive mengharuskan anda untuk selalu terhubung dengan internet. Namun Google sudah berusaha membuat perangkatnya tidak terlalu tergantung pada koneksi internet. Saat anda sedang offline, maka Google Docs, Gmail, dan aplikasi Google lainnya akan menyimpan proses editing yang anda lakukan untuk selanjutnya disinkronisasikan dengan sistem saat sudah terhubung dengan internet.

Rata-rata Chromebook masih belum bisa menyamai laptop tradisional dalam hal performa. Jadi jika tujuan anda adalah gaming atau menjalankan aplikasi berat lain, mungkin laptop ini belum bisa memuaskan anda. Chromebook lebih tepat bagi anda yang memang sering terhubung dengan internet dan melakukan komputasi di browser. Seperti yang kita ketahui, berbagai aplikasi offline sekarang tersedia versi onlinenya. Saat ini kita bisa dengan mudah mengedit foto, membuat file word, excel, bermain game, dll, lewat browser. Jika koneksi internet terbatas, anda tidak bisa merasakan manfaat maksimal dari perangkat ini.

Lalu jika anda ingin membeli Chromebook, apa yang anda cari? Yang pertama tentu saja kinerjanya. Dengan memori internal 16 GB, ini sudah mencakup sistem operasi, aplikasi yang anda download, dan dokumen lain yang anda simpan pada laptop. Oleh sebab itu, baterainya bisa cepat habis dibandingkan dengan laptop tradisional pada umumnya, paling lama bisa mencapai 6 jam. Anda juga harus mengetahui desain yang anda inginkan. Saat ini beberapa seri Chromebook telah dilepas ke pasaran melalui produsen terkenal seperti Samsung dan Acer. Yang paling kecil memiliki berat sekitar 1,75 kilogram, dengan ketebalan kurang dari 1 inci. Seperti memilih laptop pada umumnya, anda juga perlu mengetahui berapa ukuran dan resolusi layar. Salah satu model Chromebook memiliki resolusi 1280 x 800 piksel yang sudah terbilang baik. Pertimbangan lain dalam memilih Chromebook adalah dukungan konektivitasnya. Cari tahu apakah Chromebook yang anda inginkan sudah memiliki slot kartu memori, port USB, dll. Karena perangkat ini sangat bergantung pada internet, anda perlu tahu berapa kecepatan koneksinya.

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *