Xiaomi Saingi iPad dengan Tablet Mi Pad

xiaomi tabletXiaomi, vendor Tiongkok yang sukses membuat perangkat smartphone yang banyak digemari konsumen, kini mulai menjual tablet Androidnya pada 1 Juli lalu di Tiongkok. Xiaomi menargetkan bisa mengalahkan dominasi Apple iPad.

Sebelumnya, CEO Xiaomi, Lei Jun pernah mengatakan bahwa Xiaomi tidak akan terjun di pasar tablet sebelum ada ekosistem yang sehat. Namun kini Xiaomi mengambil langkah untuk terjun ke pasar tablet dengan membuat ekosistem tablet Android sendiri.

Dikutip dari Digitimes (3/7/2014), hal tersebut menurut Lei Jun harus dilakukan jika Xiaomi ingin bersaing dengan iPad produksi Apple.

Xiaomi saat ini memiliki lini tablet Mi Pad yang memiliki ukuran layar 7,9 inci dan resolusi 2048 x 1536 pixel, sama dengan spesifikasi tablet iPad mini Retina. Namun Mi Pad dijual lebih murah. Untuk versi 16 GB, harganya berkisar 240 dollar AS di Tiongkok. Mi Pad juga menjadi tablet pertama yang mengusung GPU Nvidia Tegra K1.

Lei Jun juga mengatakan bahwa sebenarnya membuat tablet Android itu cukup mudah. Namun menurutnya, satu-satunya penghambat bagi tablet saat ini adalah sedikitnya aplikasi dan game berkualitas yang tersedia dalam platform tablet.

Selain itu, walau banyak vendor yang telah merilis tablet Android di pasar, namun hingga kini tidak ada yang mau membesarkan pasar ekosistem tablet Android.

“Karena itu, Xiaomi memberanikan diri membuat brand tablet sendiri sebagai upaya untuk mendirikan ekosistem baru itu dalam industri,” demikian ujar Lei.

Apple memang masih merajai pasar tablet saat ini dengan iPad-nya. Namun dalam hal pendapatan, tablet Android lebih unggul daripada iPad.

via kompas

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *