WASPADA ANCAMAN HEARTBLEED DI ANDROID

AndroidBeberapa hari ini internet digemparkan oleh Bug Heartbleed yang ditemukan di OpenSSL membuat banyak orang cemas. Perlu diketahui bahwa Heartbleed bukanlah virus. Heartbleed yang dimaksud adalah celah keamanan di salah satu ekstensi OpenSSL yang disebut Heartbeat.

Celah keamanan tersebut memungkinkan attacker untuk membaca memory dari server yang diproteksi oleh OpenSSL. Dampaknya mereka bisa mencuri password, username, dan informasi sensitif lainnya yang ada di website tersebut. Ketika mayoritas website dan aplikasi mobile sudah mulai mengaplikasikan patch untuk menghilangkan bug Heartbleed ini, ternyata jutaan device Android masih vulnerable terhadap Heartbleed.

Beberapa hari ini internet digemparkan oleh Bug Heartbleed yang ditemukan di OpenSSL membuat banyak orang cemas. Perlu diketahui bahwa Heartbleed bukanlah virus. Heartbleed yang dimaksud adalah celah keamanan di salah satu ekstensi OpenSSL yang disebut Heartbeat. Celah keamanan tersebut memungkinkan attacker untuk membaca memory dari server yang diproteksi oleh OpenSSL. Dampaknya mereka bisa mencuri password, username, dan informasi sensitif lainnya yang ada di website tersebut. Ketika mayoritas website dan aplikasi mobile sudah mulai mengaplikasikan patch untuk menghilangkan bug Heartbleed ini, ternyata jutaan device Android masih vulnerable terhadap Heartbleed.

Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa Android 4.1.1 masih vulnerable terhadap Heartbleed. Artinya jutaan pengguna Android 4.1.1 masih berpotensi menjadi korban dari bug Heartbleed ini. Hacker akan punya kesempatan untuk mengambil berbagai data penting dan sensitif milik pengguna Android.

Hal tersebut sudah cepat disikapi oleh Google yang sudah mengirimkan informasi patch tersebut kepada manufaktur. Sayangnya belum ada kejelasan kapan Android 4.1.1 akan terupdate dan menjadi kebal terhadap Heartbleed ini. Bagi Anda pengguna Android 4.1.1, maka Anda memiliki dua opsi untuk menangkal Heartbleed yang akan mengancam perangkat Android Anda yaitu melakukan update Android ke versi selain 4.1.1, atau menunggu patch Android 4.1.1 dirilis oleh Google.

via googleonlinesecurity

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *