Tujuan atau Target Pembuatan Aplikasi

Ide membuat aplikasi baik versi mobile maupun versi komputer bisa datang dari mana saja. Yang perlu diingat adalah bahwa saat ini sebagian besar konsep sebuah aplikasi sudah tersedia, namun bukan berarti sudah tidak ada sama sekali, sehingga target sebuah aplikasi dibuat sudah jelas sejak awal pembuatan rancangan / desain.

target-aplikasi-icon

Ide sebuah aplikasi bisa berawal dari permasalahan yang muncul dari sekitar kita, atau permasalahan yang sengaja “dimunculkan” sesuai tempat maupun waktunya yang berhubungan langsung dengan tujuan pembuatan sebuah aplikasi. Tempat yang dimaksud bisa rumah kita, lingkungan tinggal atau lingkungan / tempat kerja, sedangkan waktu biasanya berkaitan erat dengan trend dan kebutuhan saat ini.

Aplikasi, baik untuk mobile maupun komputer harus memiliki keuinikan yang menarik atau manfaat khusus, sehingga bisa menarget pengguna yang disasar saat merancang dan mendesain sebuah aplikasi. Tentu saja ini memerlukan penelitian dan referensi serta statistik yang cukup agar aplikasi yang kita buat nantinya tidak melenceng dari target awal.

Berbicara tentang target, tentunya kita sudah mempersiapkan target-target khusus saat aplikasi mulai diluncurkan ke publik, dan berikut ini beberapa target yang biasanya menjadi acuan pembuatan aplikasi. Dan sebelum menuju jenis-jenis targetnya, kita pisahkan dulu antara :

  • Aplikasi dengan tujuan profit, dan
  • Aplikasi non profit.

Dan terlepas dari tujuan profit atau non profit, berikut ini beberapa contoh tujuan atau target pembuatan aplikasi.

Target yang berhubungan dengan kompetitor aplikasi serupa

Target seperti ini biasanya sudah dipersiapkan sejak awal, ada aplikasi yang dibuat khusus untuk “mengalahkan” aplikasi lain, sehingga aplikasi yang akan dibuat bisa menggantikan aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

Contoh terbarunya adalah aplikasi chat dari Google, yaitu Allo yang khabarnya di buat untuk menyaingi kepopuleran Whatsapp, benarkah demikian ?

ide-aplikasi-allo-vs-whatsapp

atau beberapa artikel lain yang ditemukan melalui search engine tentang Allo dan Whatsapp berikut.

ide-aplikasi-allo-vs-whatsapp-lain

Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lain yang dibuat dengan target khusus untuk menyaingi aplikasi kompetitor, baik aplikasi yang berupa game, chat dan sosial media, atau aplikasi kategori lainnya.

Target Mendukung Website, Aplikasi atau Program Lainnya

Kebalikan dari aplikasi yang dibuat dengan target menyaingi aplikasi serupa dari kompetitor, jenis aplikasi ini justru dibuat untuk mendukung program / aplikasi laiinya atau untuk mendukung website. Aplikasi seperti ini banyak sekali dibuat oleh pemilik website, toko online, situs berita bahkan blog perseorangan, dimana aplikasi seperti ini sering disebut versi mobile dari program maupun website tertentu.

Target Penunjang Popularitas

Apa ada aplikasi jenis ini, yang dibuat untuk menunjang popularitas ? Tentu saja ada dan banyak. Sering kita membaca khabar soerang artis atau selebriti yang meluncurkan aplikasi yang menampilkan figur dirinya sebagai icon dan dibuat khusus untuk menunjang karirnya, Dan tentu saja aplikasi ini bertujuan untuk menjaga popularitas atau bahkan unutk meningkatkan popularitasnya.

applikasi-selebriti

Selain artis, dari kalangan pesohor lain, seperti politisi juga sering kita dengar meluncurkan sebuah aplikasi menjelang pemilu atau perencanaan popularitas jangka panjang. Meskipun aplikasi ini mungkin dibuat oleh penggemar maupun simpatisan, namun memiliki target yang sama.

Target Penyampaian Informasi Khusus

Berkembangnya teknologi mobile yang sangat pesat saat ini, memungkinkan penyampaian informasi secara cepat dan tepat sasaran. Tidak heran jika beberapa institusi pemerintah maupun swasta, organisasi profit dan non profit meluncurkan aplikasi berbasis mobile.

Sebagai contoh, BMKG yang meluncurkan aplikasi Info BMKG yang memberikan informasi cuaca dan gempa yang memudahkan pengguna aplikasi ini membaca informasi terbaru dari BMKG.

Info-BMKG

Contoh lainnya adalah aplikasi seputar Pemilihan Umum, yang bisa dimanfaatkan pemilih untuk mengetahui informasi terupdate seputar Pemilu. Dan masih banyak lagi aplikasi dari instansi maupun organinasi yang bertujuan untuk menyampaian informasi melalui ssebuah aplikasi.

Target Menerima Informasi

Kebalikan dari Aplikasi untuk menyampaikan informasi, jenis yang satu ini justru digunakan untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya dari pengguna. Biasanya aplikasi jenis ini berupa masukan, saran, kritik atau informasi langsung di lapangan atau masyarakat. Jenisnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari polling, kotak saran, maupun formulir isian yang berisi penyampaian masalah dan lain sebagainya.

Target Interaktif

Aplikasi jenis ini bisa dibilang merupakan gabungan antara aplikasi penyampaian informasi dan aplikasi penerima informasi, jadi bersifat dua arah atau interaktif. INteraksi bisa antara pengguna dengan pemilik aplikasi, pengguna dengan pengguna atau pemilik ap;ikasi dengan pengguna khusus yang sudah ditentukan.

Masih Banyak lagi

Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi berdasarkan target awal perancangan, dan dengan mengetahui target secara tepat dan didukung data yang akurat akan berpengaruh besar pada pilihan strategi pembuatan, perawatan dan pengembangan sehingga aplikasi akan sukses saat diluncurkan.

 

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *