Tips mudah Rawat Layar Smartphone Agar Awet

Semua perangkat mobile bukan lah barang yang tidak mudah rusak. Walaupun sudah memiliki sertifikat tahan guncangan atau benturan, namun masih saja ada kelemahan yang dimiliki oleh perangkat mobile tersebut.

gorilla glass

Salah satu sisi yang paling rentan rusak adalah layar. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang melengkapi produknya dengan teknologi tercanggih agar layar dari produknya itu tidak lekas rusak, salah satunya dengan menggunakan teknologi dari Gorilla Glass.

Walaupun sudah menggunakan teknologi pelindung layar terbaik, tetap saja, kemungkinan layar tersebut rusak atau pecah masih ada. Berikut ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk meminimalisir kerusakan pada layar :

1. Gunakan stylus atau jari

Walaupun perangkat mobile yang dimilikinya dilengkapi dengan layar anti-gores dan kuat, bukan berarti akan selamanya kuat apabila pengoperasiannya tidak selayaknya. Oleh karenanya, disarankan untuk menggunakan stylus atau juga jari tangan dalam pengoperasiannya bukan dengan menggunakan alat lain. Hal ini untuk mengurangi tingkat goresan pada layar.

2. Jauhkan layar dari sinar matahari langsung

Memang diperbolehkan menggunakan perangkat mobile khususnya yang touchscreen di daerah terbuka atau di bawah terik matahari. Namun disarankan untuk tidak berlama-lama dalam pengoperasian di bawah sinar matahari karena, akan dapat mengurangi kualitas dari layar LCD nya.

3. Pakai pelindung/casing tertutup

Menggunakan screen protector saja tidak lah cukup untuk dapat menjaga layar dan sekeliling luar dari suatu perangkat mobile. Oleh karenanya disarankan untuk menggunakan flip cover atau casing tertutup yang sekarang ini sudah dijual bebas di pasaran.

4. Jangan sembarang menggunakan kain dalam membersihkan layar

Dikarenakan layar adalah bagian dari perangkat mobile yang cukup sensitif, maka disarankan pula untuk menggunakan kain khusus dalam membersihkannya. Disarankan untuk menggunakan kain microfiber yang memang diciptakan khusus untuk membersihkan layar perangkat mobile atau juga kacamata. Gunakan pelembap, cairan pembersih atau sejenisnya dengan merata dan secukupnya dan bersihkan secara perlahan.

5. Hindari Burn-In

Burn-In adalah berkurangnya kualitas warna dan intensitas komponen emisi cahaya yang dimiliki sebuah perangkat mobile karena layar dibiarkan menyala tanpa aktivitas apapun dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kebanyakan, masalah Burn-In ini menimpa produk-produk dari Samsung, khususnya Galaxy Note.

Disarankan untuk menonaktifkan layar ketika sedang tidak digunakan atau juga mengatur perangkat agar layar dapat non-aktif secara otomatis ketika tidak digunakan dalam waktu beberapa menit.

6. Jangan membenturkan atau menjatuhkannya

Memang ada perangkat-perangkat yang memiliki kekuatan ketika harus terbentur atau jatuh. Namun, lebih baik disarankan untuk tidak sering-sering menjatuhkan atau juga membenturkan perangkat karena, selain layar, komponen atau hardware di dalamnya.

via merdeka

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *