Tips Mengetahui Suhu Komputer dan Laptop kita

Gapteker.com – Terkadang kita membutuhkan informasi mengenai suhu komputer atau laptop kita. Dengan mengetahui suhu komputer atau laptop anda, anda mungkin akan dapat mengatasi problem atau masalah yang sedang menyerang komputer atau laptop anda. Misalnya seperti berikut :

  • Laptop atau komputer anda mengalami fps drop atau Framerate Per Second jatuh (jadi terasa nge-lag) saat bermain game PC yang menggunakan VGA, baik AMD, Intel, maupun nVidia.
  • Laptop atau komputer anda mengalami hang atau mudah crash. Karena komponen komputer atau laptop anda rusak.
  • Dan lain – lain

tempDari ketiga hal di atas mungkin ada penyebabnya yaitu suhu. Suhu komputer atau laptop yang panas dapat menyebabkan komponen komputer atau laptop anda rusak. Mungkin saja VGA. VGA menjadi salah satu momok yang menakutkan apabila terlalu di maksimalkan penggunaannya tanpa melihat bahanya bagi komputer anda. Bahaya yang paling merusak komputer anda adalah overheating. Atau panas yang berlebihan. Panas ini dapat mencapai lebih dari 100 derajat celcius. Dan itu sangat panas. Kalau anda tidak berhati – hati dan tidak mencari solusinya, maka komputer atau laptop anda bisa mengalami kerusakan. Bisa saja karena overheat tersebut, komponen lain yang terletak di dalam komputer atau laptop anda dapat terkena imbasnya. Seperti timah solderan di komputer anda bisa leleh dan menjalar ke mana – mana yang bukan tempat seharusnya timah tersebut berada.

Oleh karena itu, demi memantau kondisi komputer anda, saya rasa adalah sebuah kewajiban bagi anda untuk bisa merawat komputer ataupun laptop anda dengan terus memantau kondisi suhu pada komponen PC/Notebook anda. Dengan begitu, anda dapat lebih merasa aman. Karena kalau ada apa – apa bisa langsung telpon ke servis komputer kesayangan anda. Semisal VGA anda tiba – tiba overheat hingga suhu 90 derajat. Anda jangan langsung nangis, mungkin karena fan belum di bersihkan, jadi tinggal telpon ke servis komputer saja. Jangan biarkan hal ini berlalu, karena semakin lama di tinggal, anda akan tahu sendiri resikonya. Dan resikonya tidak kecil. melainkan bisa besar (karena dapat merusak komponen yang lain).

Untuk itu, ada satu terobosan, yaitu adalah software bernama CPUID HWMonitor. Mungkin banyak yang sudah tahu software ini, tetapi bagi yang belum tahu, anda dapat mengetahui manfaatnya sesuai anda mendownload software ini.

Cara mengetahui suhu laptop dan komputer

Anda dapat mendownload software ini di halaman resmi mereka di :http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html

atau apabila anda merasa kesusahan untuk mendownloadnya, anda tinggal mendownload dari laman ini :

Untuk pengoprasiannya cukup mudah, kita tinggal install saja, dan buka filenya, maka kita akan di perlihatkan secara live kondisi suhu laptop anda.

via avatecer

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *