Tips Memilih Distro Linux Untuk Pemula

distribuicoes-linux

Bila Ingin mencoba menggunakan Distro Linux, tapi pengen yang simpel dan tidak diribetkan dengan berbagai sintah perintah, maka anda perlu baca tips berikut. Jaman Sekarang, Linux mulai banyak di lihat orang, tetapi untuk menggunakannya kita perlu beberapa penyesuaian jika kita sebelumnya menggunakan Sistem Operasi Windows.
Sebelumnya silakan terlebih dahulu anda cek distro mana saja yang paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia di http://distrowatch.com/

Berikut Tipsnya :

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Tujuan Anda

Setiap distro linux memiliki paket software yang berbeda-beda , memang sudah banyak distro linux yang ditujukan bagi para home user atau kalangan umum lainnya, akan tetapi tidak sedikit distro linux yang dikembangkan bagi para web developer, desginer, musisi, para tenaga pengajar, Distro untuk anak, para admin jaringan dan beberapa distro yang memang ditujukan buat kalangan terbatas. Dengan mengetahui Kebutuhan dan Tujuan anda, tentunya akan memudahkan anda untuk mengetahui jenis distro apa saja yang anda butuhkan. Edubuntuadalah linux untuk pendidikan, Ubuntu Kid, linux untuk anak-anak. Ubuntu,linux Mint, Fedora, Mandriva, Lubuntu, dan Suse cocok digunakan untuk para Home user, para pelajar, dan masyarakat umum lainnya. Ubuntu studio untuk para musisi. Sabily linux yang khusus diperuntukkan bagi orang muslim dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Apakah Anda Seorang Pemula ??

Jika anda seorang pemula, carilah distro yang banyak digunakan teman-teman anda atau paling tidak distro populer yang sebagian besar digunakan oleh banyak orang (anda bisa cek melalui link di atas), sehingga ketika anda mengalami kesulitan anda bisa bertanya ke taman anda.
Jika anda tidak memiliki kenalan yang menggunakan suatu Distro tertentu, sebenarnya anda juga tidak perlu terlalu khawatir, karna di internet terdapat segudang forum yang siap membantu menyelesaikan permasalahan anda, kapan anda melyangkan pertanyaan. Ubuntu, Linux Mint, Suse, Fedora, Mandriva merupakan distro yang cocok digunakan untuk para pemula.

3. Perangkat Komputer / Laptop yang Anda Gunakan

Hal ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih distro linux, karna jika spek komputer / Laptop anda kurang bagus, anda bisa menggunakan distro linux yang memang di tujukan bagi para pengguna yang memiliki spek komputer rendah. Salah satunya adalah Lubuntu, distro ringan dan stabil yang cocok digunakan untuk komputer / Laptop dengan spek rendah.
Jika anda menggunakan prosesor intel anda tidak perlu khawatir akan dukungan linux terhadap PC anda, tapi bagi para pengguna prosessor AMD juga sudah terdapat linux khusus yang full support untuk AMD, seperti ubuntu untuk AMD, dan ada Ubuntu untuk 64 bit AMD maupun Intel. Vga juga perlu anda perhatikan, karna terkadang sebagian distro linux sering bermasalah pada driver VGA, tapi beberapa distro seperti Ubuntu, Fedora, dan Suse sudah full supprot untuk merk VGA-VGA baru.

via komunitaslinuxselaparang

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *