Tips Lancar Wawancara Kerja lewat Skype

skype

Gapteker.com – Mencari pekerjaan melalui internet kini bukan barang baru. Menanggapi tren ini, banyak perusahaan mulai mengadopsi teknik wawancara online lewat Skype, terutama perusahaan yang lokasinya jauh atau berada di luar negeri. Wawancara virtual pun dapat menjadi solusi mudah bagi para calon pekerja untuk bekerja di perusahaan yang mereka impikan.

Banyak yang menganggap remeh wawancara melalui Skype karena calon pekerja merasa tidak berhadapan secara langsung dengan pewawancara. Selain itu, info mengenai teknik dan petunjuk wawancara lewat internet tidak banyak beredar seperti halnya info untuk wawancara langsung.

Menurut Stacey Rudnick, direktur layanan karir MBA McCombs School of Business di University of Texas, justru calon karyawan harus tetap berlatih sebagaimana layaknya wawancara langsung.

Dikutip dari Mashable (22/7/14), berikut tips dan trik sukses wawancara lewat Skype:

Cara Berpakaian

Karena merasa tidak berhadapan langsung, banyak calon pekerja yang cenderung berpakaian ‘seadanya’. Padahal, standar berpakaian dalam wawancara kerja tetaplah sama di perusahaan mana pun, yaitu resmi dan rapi, sehingga lebih baik dianggap ‘terlalu rapi’ daripada dianggap berantakan lalu pekerjaan incaran pun melayang.

Berpakaian pun tidak boleh ‘setengah-setengah’, alias hanya berpakaian rapi di tubuh bagian atas saja. Jangan sampai ketika Anda tidak sengaja harus berdiri, atau pewawancara meminta Anda melakukan sesuatu yang mengharuskan Anda berdiri, ternyata Anda hanya mengenakan celana pendek saja.

Masalah Teknis

Banyak orang yang merasa frustrasi akibat koneksi internet yang tidak lancar, speaker atau headphone yang buruk dan mikrofon yang tersendat-sendat. Selain risiko salah informasi dari kedua belah pihak, kondisi stres akibat masalah teknis tersebut dapat memancing calon pekerja untuk marah-marah tanpa menyadari bahwa kemarahannya tersebut mungkin dapat didengar dengan jelas oleh pewawancara.

Lingkungan

Meskipun internet membantu calon pekerja untuk wawancara di mana saja, bukan berarti ia dapat memilih tempat dengan sembarangan. Pastikan Anda berada di ruangan yang tenang, bersih serta cukup terang dan hindari latar belakang yang tidak mencerminkan profesionalisme, seperti poster bergambar dengan tulisan yang tidak layak.

Tingkah Laku

Terkadang wawancara online memberikan suasana yang kurang formal, sehingga calon pekerja kurang memerhatikan perilakunya, seperti melakukan multitasking dengan mengecek email atau sambil menulis catatan. Fokuskan perhatian pada pewawancara dan jangan melakukan gerakan yang tidak perlu karena pewawancara dapat melihatnya.

Pembawaan diri juga menjadi syarat penting dalam semua jenis wawancara, terutama soal rasa percaya diri. Banyak calon pekerja yang terjebak dalam hal tersebut dan terkadang merasa rendah diri atau justru terlalu percaya diri.

Jangan biarkan suasana wawancara virtual memengaruhi pembawaan Anda sehingga jadi lebih santai, atau sebaliknya malah terlalu kaku karena merasa belum memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi tipe wawancara tanpa tatap muka langsung.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *