STRATEGI PEMASARAN ONLINE

Gapteker.com – Bisnis online sekarang sudah merambah hampir semua kalangan. Saya masih ingat ketika dulu keluar dari tempat kerja untuk kemudian membangun bisnis sendiri dengan menawarkan jasa pembuatan software dan website kepada toko-toko dan disambut dengan “cuek” karena pada waktu belum dianggap perlu memiliki website sebagai sarana memperluas penjualan mereka.

Namun kini hampir semua kalangan pengusaha, baik usaha kecil maupun besar menggunakan media online sebagai salah satu cara pemasaran mereka. Bahkan ketika kemarin sempat bermain ke pasar burung dan melihat penjual burung di pasar ternyata mereka sudah menggunakan facebook dan bbm sebagai media promosi mereka, bahkan bukan hanya itu mereka sudah memiliki website pribadi. Ada yang sebagian menggunakan layanan gratis ( blog) ada juga yang sudah membuat website berbayar bahakan dikelola secara sangat profesional.

Dengan meningkatnya minat pengguna media online untuk berpromosi, menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi pula di dunia maya. Tentunya strategi pemasaran online yang baik sangat diperlukan agar produk kita bisa ikut bersaing dan memenangkan persaingan tersebut.

internet-marketing-pemasaran-online

Berikut adalah beberapa contoh media dalam strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi untuk bisnis online:
1. Website.
Website resmi perusahaan atau bisnis merupakan hal yang wajib dimiliki bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis online.

Akan tetapi, harus diingat bahwa jika anda ingin trik pemasaran anda lebih efektif, sebaiknya jangan lagi menggunakan blog gratisan sebagai platform website resmi perusahaan atau bisnis anda. Berinvestasilah dengan menggunakan jasa web hosting yang bermutu dan membeli domain pribadi agar website dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan terlihat lebih profesional.

2. Direktori bisnis
Selain website, tidak ada salahnya mengiklankan bisnis online anda di direktori bisnis baik lokal, nasional maupun internasional. Direktori bisnis merupakan cara bagus untuk menjaring konsumen potensial yang memang membutuhkan produk anda.

Agar bisnis anda cepat dikenal, pastikan anda tidak pelit informasi ketika memasukkan nama bisnis anda ke dalam daftar direktori.

Selain nama, alamat dan bidang bisnis anda, berikan juga logo bisnis, foto anda sebagai pelaku bisnis atau foto gedung perusahaan sebagai bagian dari profil bisnis agar pengunjung direktori bisnis tidak merasa ragu ketika hendak melihat-lihat info bisnis anda. Contoh direktori bisnis yang terkenal misalnya Yelp.

3. Video online
Video pemasaran saat ini merupakan strategi manajemen marketing yang menjadi favorit di kalangan pebisnis online.

Selain memberi dampak yang lebih besar dibandingkan iklan tertulis, video yang diunggah ke situs seperti YouTube membuat anda mampu melacak minat calon konsumen dengan melihat jumlah pengunjung, jumlah mereka yang suka dan tidak suka serta komentar yang masuk.

4. Media Sosial
Selain website resmi, perusahaan atau bisnis anda sebaiknya dibuatkan profil media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain menjadi media pemasaran yang sifatnya lebih personal, media sosial juga membuat komunikasi antar perusahaan dan calon konsumen menjadi lebih mudah.

Seperti direktori bisnis, jangan lupa membuat profil yang cukup lengkap agar calon konsumen bisa merasa lebih yakin tentang kredibilitas bisnis anda dan jangan malas memperbaharui status atau berita serta menanggapi pertanyaan pengunjung di profil anda.

Strategi pemasaran untuk bisnis online tidak hanya menyangkut media apa yang digunakan, melainkan juga bagaimana memanfaatkan media tersebut secara maksimal agar tujuan pemasaran bisnis online anda tercapai.

Jika anda memiliki visi untuk melebarkan bisnis anda, sebaiknya mulai gunakan jasa konsultan dan agen periklanan khusus pemasaran online saat jumlah dan cakupan konsumen anda mulai meluas.

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *