Sony A7S : Kamera Mirrorless Tangkap Gambar dengan Cahaya Gelap

Menyusul Alpha 7 dan Alpha 7R yang telah lebih dulu dirilis, Sony memperkenalkan kamera mirrorless baru bernama Alpha 7S (a7S).

SONY Aplha 7S

Seperti dua pendahulunya, di balik bentuk retro a7S tertanam sebuah sensor penangkap gambar berukuran full-frame (36 x 24mm). Perbedaan mendasar terletak pada tingkat resolusi yang ditawarkan kamera baru ini.

A7S hanya memiliki resolusi sebesar 12 megapixel, jauh lebih kecil dibandingkan Alpha 7 (24 megapixel) dan Alpha 7R (38 megapixel).

Akan tetapi, sebagaimana dikutip dari PetaPixel, angka resolusi yang rendah tersebut dimaksudkan agar a7S memiliki kemampuan menangkap gambar dalam kondisi cahaya gelap yang mumpuni.

Rentang sensitivitas sensor a7S, misalnya, berada pada kisaran ISO 50-409.600, termasuk sangat tinggi untuk kamera saat ini.

Suffix “S” pada a7S memang mengacu pada kata “sensitivity”, untuk menggaris bawahi kapabilitas low-light dari perangkat bersangkutan.

Ukuran tiap piksel pun bisa dibuat lebih besar sehingga meningkatkan rentang tangkapan dynamic range, gradasi, dan akurasi warna.

Sony a7S juga mampu merekam video 4K, namun tidak secara internal melainkan butuh recorder eksternal yang tersambung melalui kabel HDMI.

Belum ada infromasi mengenai harga dan jadwal ketersediaan Sony a7S. Dua hal tersebut baru akan diumumkan sekitar pertengahan tahun ini.

Sumber: PetaPixel

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *