Siaga Banjir, aplikasi untuk menghadapi banjir

Banjir merupakan sebuah “tradisi” khusus di beberapa kota besar di Indonesia, khususnya di ibukota Jakarta. Hampir setiap tahun, Jakarta selalu saja di hampiri oleh banjir, tentu saja hal ini merupakan sebuah keresahan tersendiri bagi warga Jakarta. Sudah banyak upaya pemerintah yang telah dilakukan untuk mencegah datangnya banjir, namun masalah banjir masih saja belum terselesaikan.

Nah, oleh karena itu diperlukan kesadaran serta upaya dari masyarakat sendiri untuk melakukan persiapan apabila terjadi musibah banjir ini, namun banyak masyarakat awam yang masih kesulitan dalam mempersiapkan dan tak ada yang memperingatkan mereka akan ketinggian air di pintu-pintu air yang notabene merupakan titik terakhir penahan banjir.

Namun, ada sebuah Developer lokal yang membuat aplikasi yang sangat berguna untuk persiapan menghadapi banjir. Siaga Banjir, merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memantau ketinggian pintu air di Jakarta dan sekitarnya dan akan memberikan peringatan dini terhadap penggunanya apabila banjir akan segera tiba di daerah tertentu. Pintu Air yang dapat dipantau oleh aplikasi Siaga Banjir ini meliputi daerah Katulampa, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Angker Hulu, Depok, Manggarai, Karet, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Pulo Gadung, Sunter Utara, Sunter Selatan, dan Krukut Hulu.

Dari segi tampilan, aplikasi ini lebih di dominasi oleh warna kuning dan putih, dan untuk melihat informasi mengenai pintu air, kita tinggal klik pada pintu air yang ingin kita pantau. Informasi yang ditampilkan di tampilkan dalam diagram batang yang menampilkan ketinggian air.

Selain itu, penggunanya dapat melihat detail informasi grafik ketinggian air di setiap pintu air dalam 6 jam terakhir. Dalam setiap pintu air ini pengguna dapat melakukan follow yang nantinya akan diberikan notifikasi apabila ketinggian air menjadi berbahaya dan akan menyebabkan banjir pada daerah tertentu.

Berikut adalah beberapa tampilan dari Siaga Banjir :

tampilan-penuh (1)

 

bagi yang tertarik untuk menggunakan aplikasi yang bermanfaat ini, bisa di download pada Play Store.

 

sumber TeknoJurnal

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *