Samsung akan rilis Smartphone dengan chipset Intel

Intel sepertinya tidak main-main untuk berkiprah di pasar mobile, setelah sebelumnya telah hadir di beberapa tablet Samsung, kini chipset Intel Atom juga dikabarkan akan hadir di Smartphone Samsung. Smartphone Samsung dengan chipset Intel Atom akan diumumkan tahun ini. Smartphone tersebut bakal menjadi ponsel pertama Samsung dengan arsitektur Intel x86.

samsung_intel

Laporan tersebut menambahkan, Wireless Business Division of Samsung Electronics belakangan diketahui sudah memulai pengembangan smartphone berbasis Intel Atom Z3500 (nama kode Moorefield). Moorefield merupakan prosesor yang difabrikasi melalui proses 22 nanometer. Sementara untuk chip Moorefield 64-bit terdapat empat inti CPU dan menggunakan GPU PowerVR G6430 dari Imagination Technologies.

Moorefield sejatinya adalah chip yang dikembangkan untuk smartphone kelas premium. Namun menurut laporan tersebut, Moorefield punya kekurangan. Ketika clock frekuensinya diatur maksimal (2,3GHz), chip ini mengonsumsi power lebih banyak dan menghasilkan panas yang lebih. Sebagai kompensasi itu, Intel menawarkan chip Moorefield ke Samsung dengan harga yang murah, yakni kurang dari $7 per chip, atau sekitar harga produksinya sendiri. Padahal, biasanya prosesor premium dijual pada harga $20-25. Intel yakin strategi subsidi ini bisa meningkatkan pangsa pasarnya di perangkat smartphone dan tablet.

Sementara itu, untuk ‘memperbaiki’ kekurangan itu, Samsung berencana menurunkan kecepatan smartphone yang berbasis Moorefield sekitar 30% dari clock maksimalnya, atau di kisaran 1,6-1,7GHz. Hal itu dilakukan agar bisa mengurangi konsumsi power chipset ini. Smartphone Samsung berbasis Moorefield bakal ditujukan untuk pengguna low-end dan sudah terintegrasi modem 3G atau 4G LTE dari Intel.

via Teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *