Samsung Akan Produksi Prosesor Qualcomm ?

samsung prosesor

Gapteker.com – Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics, dikabarkan sudah memiliki rekanan baru dalam bisnis chipsetnya. Setelah sebelumnya Apple mempercayai Samsung untuk membuat chip prosesornya, kini giliran Qualcomm.

Seperti dikutip dari Yonhap News, sejumlah sumber yang dirahasiakannya menyebut bahwa Samsung akan memproduksi prosesor mobile pesanan Qualcomm. Namun ketika dimintai konfirmasi, pihak Samsung menolak memberikan keterangan. Sumber tersebut mengatakan kerjsama ini sudah disetujui kedua belah pihak.

Prosesor mobile yang akan diproduksi itu diprediksi adalah chip yang mengadopsi proses 14nm FinFET. Teknologi ini menggunakan proses tiga dimensi untuk memungkinkan penggunaan daya yang lebih efisian dibanding proses tradisional.

Qualcomm merupakan pembuat chip prosesor mobile paling besar di dunia. Tercatat 52,4 persen pasar ini didominasi oleh Qualcomm, dan diikuti Samsung dengan pangsa pasar 8 persen. Sedangkan untuk chip penyimpanan tetap didominasi oleh Samsung, baik itu sektor DRAM maupun NAND flash.

Pada kuartal pertama 2014, pasar NAND flash Samsung mencapai 37,4 persen, dan diikuti Toshiba 31,9 persen. Perusahaan berbasis di AS, Micron Technology meraih pasar 20,1 persen dan SK Hynix sebesar 10,6 persen.

via teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *