‘RoboBees’ Robot Serangga Untuk Penyerbukan Tanaman

Gapteker.com – Para peneliti dari Universitas Harvard di Amerika telah mengembangkan sebuah robot serangga mini bernama RoboBees. Robot ini bisa digunakan untuk meningkatkan hasil dari agrrobisnis.

Seperti namanya, robot mini ini diharapkan bakal bisa menggantikan peran lebah di alam. Mereka mengatakan kalau robot yang dideskripsikan mempunyai bobot hanya 80 miligram dan mampu mengepakkan sayapnya ini diharapkan bisa membantu proses penyerbukan pada tanaman. Pengembangan robot ini sendiri sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun pada saat ini pengembangannya terus dilakukan dan kini menjadi semakin canggih.

robobees

Insinyur mesin dari Harvard Kevin Ma mengatakan bahwa meski RoboBees berukuran sangat mungil, namun robot serangga ini mampu membawa beban yang cukup berat. Hal ini pun menjadi salah satu terobosan di dunia teknologi. Terlebih sebelumnya banyak yang mempertanyakan bagaimana sebuah robot berukuran mungil bisa terbang, terutama dari permasalahan penggunaan hardware.

Namun penggunaan RoboBees sebagai pengganti lebah di alam sebagai pelaku penyerbukan masih membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, pemakaian robot ini juga dianggap bukan solusi jangka panjang.

via beritateknologi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *