Rilis Perdana Samsung Tizen Tertunda

tizen

 

Gapteker.com – Samsung berencana untuk merilis smartphone Tizen pertama di Rusia pada tanggal 10 Juli. Smartphone bernama Samsung Z tersebut dijadwalkan diungkap dalam sebuah acara developer yang digelar di Moskow namun ternyata rencana debut tersebut tidak pernah terjadi.

Pihak Samsung tidak memberikan komentar resmi atas kejadian ini meskipun beberapa pihak bertanya-tanya atas pembatalan ini. Pihak Samsung hanya menyatakan bahwa mereka terus mengerjakan handset Tizen maupun sistem operasinya sendiri.

Pembatalan ini diperkirakan terjadi karena kurangnya dukungan aplikasi yang tersedia di platform tersebut. Pihak Samsung sudah berupaya untuk meningkatkan minat terhadap OS yang dibuat bekerjasama dengan Intel tersebut, termasuk dengan membuat kompetisi pengembangan aplikasi maupun menjalin kemitraan dengan beberapa pengembang software ternama.

Sebelum ini Samsung juga pernah berencana untuk menyediakan handset berbasis Tizen bagi operator NTT DoCoMo di Jepang, namun hal itu juga tidak terealisasi karena pihak NTT DoCoMo melihat terlalu banyak kompetisi di segmen perangkat mobile. OS Tizen sendiri sudah dipakai di gadget lain yaitu di smartwatch Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo, namun Samsung kemudian memakai Android Wear di produk smartwatch terbarunya yang dirilis beberapa pekan yang lalu.

via teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *