Perangkat Microsoft akan turun dibawah $200

Nokia-Lumia

Gelar ‘mahal’ untuk perangkat yang di jejali dengan OS Windows sebentar lagi akan hilang . Vice President Microsoft, OEM Division, Nick Parker, dalam ajang Computex 2014 yang berlangsung di Taipei, mengatakan bahwa perangkat ponsel dan tablet yang menjalankan software Microsoft akan turun harga dibawah $200 di tahun ini.

“Kami akan mencapai titik harga yang sangat kompetitif untuk industri perangkat 7, 8, 10 inci,” kata Parker saat berbincang kepada wartawan pada acara Computex 2014, seperti dilansir Wall Street Journal. “Mereka (perangkat itu) akan bernar-benar mengejutkan Anda. Tahun lalu kami berada pada harga 300, 400, 500 dollar. Tahun ini, kami akan 100, 200, 300.”

Ia juga mengatakan beberapa ponsel Windows Phone akan dijual dibawah $200 pada beberapa pasar di tahun ini. Penurunan harga yang tajam pada perangkat Windows 8 ini adalah salah satu upaya agresif yang dilakukan Microsoft untuk meraih pangsa pasar di sektor mobile. Seperti yang diketahui, saat ini pasar mobile tengah didominasi sistem operasi Android yang diberikan gratis Google untuk perangkat ponsel maupun tablet.

Meskipun Microsoft masih mengenakan biaya lisensi untuk penggunaan software-nya, mulai tahun ini Microsoft menggratiskan Windows untuk perangkat berlayar di bawah 9 inci. Dalam upayanya mengejar Android, Microsoft juga lebih lunak tentang persyaratan yang harus dipenuhi produsen dalam membuat perangkat mobile ber-platform Windows. Hal itu terlihat dari bertambahnya beberapa mitra produsen lokal yang siap membuat ponsel dan tablet Windows.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Parker tak mau menanggapi pertanyaan, apakah strategi lisensi gratis Windows itu akan menjadi kebijakan permanen atau kembali berbayar di tahun depan. Ia hanya menambahkan bahwa meski lisensinya diberikan gratis, Microsoft punya cara lain dalam menghasilkan uang. Microsoft memiliki model “freemium” seperti yang diterapkan pada layanan Skype dan Office 365. Model ini memungkinkan pengguna menyewa software tersebut selama satu tahun, ketimbang membelinya.

via Teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *