Nokia Mix Radio Akan Hadir Di Perangkat Selain Windows Phone

nokia mix radio

Gapteker.com – Setelah Nokia di akuisisi oleh Microsoft terjadi perubahan besar Microsoft dalam merekonstruksi Nokia Devices and Services ke dalam Microsoft Devices juga meliputi aplikasi layanan musik Nokia. MixRadio adalah aplikasi untuk streaming musik milik Nokia dan itu sekarang berdiri sebagai perusahaan sendiri dan tidak lagi eksklusif di Windows Phone. Artinya, MixRadio juga bakal hadir di platform lain, seperti Apple iOS maupun Google Android.

Menurut VP Entertainment Nokia, Jyrki Rosenberg, pelepasan MixRadio yang dulunya di bawah Nokia menjadi ‘aplikasi independen’ membawa banyak keuntungan. Ia melihat ada banyak investor yang tertarik dengan layanan tersebut. “Saya sudah bertemu dengan para investor potensial di berbagai dunia dalam beberapa minggu belakangan. (Bisnis) kami punya daya tarik tinggi dari banyak investor di AS, Eropa, dan Asia, dan kami tetap terbuka dalam diskusi selanjutnya,” kata Rosenberg serperti dikutip dari The Guardian.

MixRadio pertama kali diluncurkan pada 2011 dengan nama Nokia Music. Aplikasi ini sudah preloadedada di handset Windows Phone pertama dari Nokia. Berbeda dengan layanan Spotify, Nokia Music menawarkan koleksi lagu-lagu dalam playlist tertentu –fitur bernama MixRadio– yang disusun oleh tim Nokia. Aplikasi basic-nya selalu tersedia secara gratis tanpa iklan. Nokia melihat ini sebagai selling point untuk smartphone Lumia, ketimbang membuatnya sebagai moneymaker langsung.

Di awal 2013, Nokia menghadirkan opsi ‘bayar 3.99 per bulan’. Opsi ini menawarkan audio yang lebih berkualitas, kemampuan lompat track secara tak terbatas dan menyimpan playlist ke dalam smartphone, serta versi web untuk mengaksesnya dari perangkat non-Nokia. Aplikasi ini kemudian di-branding ulang sebagai MixRadio setelah fitur unggulannya semakin populer.

Sebagai perusahaan yang independen, MixRadio kini punya kebebasan untuk hadir di Android dan iOS. Dua platform ini menjadi pasar yang sangat potensial karena punya banyak pemakai, baik di perangkat smartphone maupun tablet. “Kesempatan dalam jenis pengaturan ini sangat luas, dan itu jauh lebih besar dari apa yang bisa kami manfaatkan saat ini,” kata Rosenberg.

via teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *