Mozilla Akan Rilis Ponsel Firefox 500 Ribuan

firefox os

Gapteker.com – Pihak Mozilla akan meluncurkan kembali Smartphone terjangkau dengan sistem operasi Firefox OS. Seperti dikutip dari Digitimes, COO sekaligus CEO Mozilla Taiwan Gong Li mengatakan, ponsel tersebut akan dibanderol di bawah US$50 atau sekitar Rp 500 ribuan. Ponsel ini akan diluncurkan di pasar India bulan ini.

Mozilla sejatinya sudah menghadirkan ponsel Firefox di Amerika Latin dan Eropa bulan Juli 2013 silam. Gong Li mengatakan ponsel-ponsel ini tercatat sudah terjual sekitar 1 juta unit.

Dalam pemasarannya, Mozilla selalu menggandeng 1 atau 2 operator telekomunikasi setempat. Untuk wilayah India sendiri,Gong mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan lebih dari 10 retailer. Gong berharap penjualannya di wilayah India jauh lebih baik.

Harga perangkat Firefox yang murah ini didapat karena Mozilla menggunakan solusi chip murah yang dikembangkan perusahaan yang berbasis di China, Spreadtrum Communications serta kerjasama dengan para ODM smartphone. Strategi ini sukses menurunkan ongkos produksi hingga US$25 untuk perangkat yang dibanderol di bawah US$50.

Gong juga menyebutkan saat ini sudah ada 10 produsen dan lebih dari 20 operator seluler yang mendukung Firefox OS. Tercatat ada LG, Alcatel OneTouch, Huawei Device dan ZTE yang telah menghadirkan smartphone Firefox di 15 negara berbeda. Perusahaan Foxconn Electronics dan VIA Technologies juga dikatakan tengah mengembangkan tablet Firefox. Sementara Panasonic berencana meluncurkan TV pintar berbasis Firefox.

Gong menargetkan smartphone Firefox mampu terjual hingga 10 juta unit hingga tahun depan.

via teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *