Meski Android Silver Muncul, Google Pastikan Nexus Masih Lanjut

google-nexus-logo-tablet-pc

Sempat beredar kabar bahwa Google akan menghentikan google nexus. Kabar tersebut awalnya menyebar setelah Google diketahui sedang mengembangkan program perangkat baru bernama ‘Android Silver’.

Android Silver merupakan program perangkat rancangan Google dengan spesifikasi tinggi yang akan diproduksi oleh rekanan seperti Samsung, LG, Motorola, dan Sony. Rumor sebelumnya menyebut Android Silver ini akan menggantikan program Nexus atau Google Play Edition (GPE).

Dave Burke, Engineering Director Google untuk Android mengatakan bahwa program Nexus akan tetap ada. “Orang-orang senang dengan konsep dan melupakan alasan mengapa kita melakukannya,” kata Burke seperti dikutip dari Readwrite.com. “Kami masih berinvestasi di Nexus.”

Ketika ditanya tentang program Android Silver, Burke tidak mau berkomentar. “Android Silver bukanlah sesuatu yang akan kita komentari saat ini”. Ia juga menegaskan bahwa adanya program baru tidak berarti menyingkirkan Nexus.

“Orang-orang berkomentar tentang Nexus karena sedang ada yang lain dan mereka beranggapan bahwa itu adalah akhir dari Nexus. Kesimpulan itu benar-benar keliru,” tambah Burke.

“Ketika kami bekerja, ada dua jenis hasilnya. Kami membangun perangkat Nexus dan kami membangun kode open source. Tak mungkin Anda membuat kode open source tanpa juga membuat tablet atau ponselnya. Anda harus ‘menghidupi’ dan ‘menafaskan’ kode yang Anda kembangkan.”

“Anda tidak bisa membangun sebuah platform secara abstrak, Anda harus membangun sebuah (atau beberapa) perangkat. Jadi, saya tidak berpikir untuk meninggalkannya. Dan kemudian, saya pikir dalam hal ini Nexus juga menarik, tentang bagaimana kami harus menjalankan Android. Ini adalah pernyataan, hampir sebuah pernyataan kebenaran terkait beberapa hal. Saya tidak berpikiran mengapa kami harus meninggalkannya, itu tidak masuk akal.”

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *