MEMBUAT WEBSITE JUAL BELI DENGAN OPENCART

Gapteker.com – Saat ini membuat website sangat mudah dilakukan, bahkan tidak perlu lagi memahami bahasa pemrograman seperti PHP dan sebagainya untuk membuat website. Kenapa ? Karena saat ini kita bisa menggunakan Content Management System ( CMS ) untuk membuat sebuah website. Bisa dibilang cuma perlu upload dan install saja. Namun memahami bahasa pemrograman tentunya akan sangat membantu dalam hal pengaturan ( setup ) dan meng-custom website yang kita buat.

Contohnya untuk membuat website jual beli ( marketplace ) kita bisa menggunakan CMS Osclass, wordpress atau CMS lainnya yang memang dibuat khusus untuk membuat situs jual beli. Namun pernahkan Anda menggunakan Tokopedia atau Marketnesia untuk media penjualan Anda ? bagi Anda yang memahami bahasa pemrograman seperti php, java script dan lainnya akan sangat mudah merubah CMS e-commerce ini menjadi website Marketplace karena sudah memiliki struktur yang “hampir” sama tinggal menambah beberapa fungsi diantaranya modul multi user.

CMS Opencart ini sebenarnya di design untuk e-Commerce dan bukan untuk marketplace (mall online) namun sangat sederhana bagi mereka yang menguasai bahasa pemrograman terutama php untuk merubahnya menjadi situs jual beli ber-basis mall online ( Marketplace ).

Di tulisan selanjutnya kita akan membahasa cara membuat modul opencart untuk membuat website marketplace sederhana dengan menggunakan CMS opencart.

Terimakasih.

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *