Saat Lebaran, Internet Naik Telepon Turun

Gapteker.com – Menurut Trafik layanan internet (data) dari operator seluler tercatat mengalami kenaikan tertinggi saat Lebaran tahun 2014 jika dibandingkan dengan layanan pesan singkat (SMS) dan telepon. Trafik tertinggi terjadi pada H-1 atau di malam takbiran.

Operator seluler Telkomsel mencatat, trafik internetnya meningkat jadi 657 Terabytes atau tumbuh 129% dibandingkan dengan trafik momentum Lebaran tahun 2013.

Hal yang sama juga dialami XL Axiata. Operator yang memiliki 68 juta pelanggan itu mengalami peningkatan trafik internet 415 Terabytes pada H-1 Lebaran atau tumbuh 26,3% dibandingkan momentum Lebaran 2013.

Direktur Service Management XL Axiata, Ongki Kurniawan mengatakan, layanan internet telah menjadi pilihan favorit untuk menyampaikan pesan Lebaran.

“Pilihan ini didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia seperti Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi pesan lainnya,” kata Ongki dalam siaran pers kepada KompasTekno.

Menurut data kedua operator seluler, layanan SMS tidak mengalami peningkatan signifikan pada momentum Lebaran tahun ini. Ironisnya, layanan telepon dari kedua operator cenderung mengalami penurunan.

Trafik SMS Telkomsel pada H-1 Lebaran tercatat 1,01 miliar. Angka tersebut tumbuh 10 persen dibandingkan hari normal di tahun 2014 dan tumbuh 4 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Layanan telepon mereka turun -2 persen menjadi 1.1 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik telepon di periode yang sama 2013.

Pada operator seluler XL, trafik layanan SMS tercatat 785 SMS pada H-1 Lebaran. Angka tersebut tumbuh 12,1 persen dibandingkan hari normal tahun 2014 dan tumbuh 40,1 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Sementara trafik layanan telepon tercatat 440 juta menit atau turun -13,7 persen dibandingkan hari  normal di tahun 2014 dan turun -20 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Sedangkan operator Tri melaporkan tidak adanya kendala atau gangguan di jaringan mereka sebelum maupun pada puncak hari raya. “Secara umum terjadi lonjakan trafik sejak H-7 hingga hari H pada semua layanan,” sebut Randeep Sekhon, Chief Technology Officer Tri, dalam keterangannya.

Lonjakan tertinggi dilaporkan terjadi pada H-5. “Melonjak sebesar 13.8% dibandingkan hari biasa atau hampir 150% dibandingkan Lebaran tahun lalu,” Randeep menambahkan.

via tekno.kompas

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *