Kenali Situs Penipuan Online dengan kenali 3 ciri utama berikut

penipuan-online

Gapteker.comIstilah website bodong atau website palsu adalah salah satu penipu online yang jumlahnya banyak sekali. Jika kita tidak hati-hati, maka kita bisa menjadi korban penipuannya. Untuk itu sebagai pengguna internet kita harus mawas diri dan senantiasa waspada. Berikut 3 ciri utama website penipu :

1. Dari Sisi Nama Website dan Nama Domain

Ciri pertama bisa dilihat dari nama website dan nama domain. Nama situs terkadang luput sebab saking miripnya. Contoh tatkala gempar kasus nama situs mirip KlikBCA (KlickBCA). Situs tersebut miliki tampilan sama persis.

Untuk nama domain umumnya penipu online gunakan fasilitas domain gratisan. Untuk mengetahui siapa pemilik domain yang dicurigai, bisa memanfaatkan tool yang ditawarkan oleh situs Whois. Cek sebelum menyakini.

whois

2. Dari Sisi Tampilan Website

Ciri kedua bisa dilihat dari tampilan website. Jika situs yang dikunjungi miliki tampilan amburadul dan berantakan, Anda patut curiga. Namun jika tampilannya bagus  dan menyakinkan juga belum tentu tidak bisa dicurigai.

Anda bisa lakukan konfirmasi dengan mengecek sejumlah informasi terkait. Misalkan saja tentang akun jejaring sosial yang dimiliki, membaca informasi about us, melihat informasi kontak, dan jangan lengah dengan testimoni serta gambar atau foto yang ditampilkan.

3. Dari Sisi Keamanan website

Ciri ketiga bisa dilihat dari keamanan website. Coba perhatikan di bagian address bar apakah tersemat koneksi aman (htpps://). Lihat pula di bagian footer website apakah ada sejumlah logo penyedia keamanan.

https-secure-internet

Cara ini patut diperhatikan khususnya untuk situs e-commerce atau jual beli online. Namun situs penipu juga tak selalu terkait jual beli. Misalkan saja situs undian berhadiah, arisan, MLM, atau sejumlah situs yang tawarkan iming-iming hadiah macam gadget dan paket liburan. Maka dari itu kita tetap harus waspada dan hati-hati.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *