JIBO Robot Pertama Di Dunia yang bisa berinteraksi dengan manusia

Gapteker.com – Dahulu robot hanya ada di dunia film atau cerita-cerita kartun saja. Namun seiring perkembangan jaman, kini robot sudah menjadi barang yang mudah kita temui. Bahkan ada robot pembersih lantai dan itu sudah menjadi hal biasa di negara maju. Tapi belum ada robot yang bisa diajak berbicara alias bisa bersosial dengan orang lain. Jika ada robot pembersih lantai itu juga belum bisa diajak berinteraksi dan tidak memiliki fungsi lain selain membersihkan lantai.

Jadi adanya robot keluarga yang bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan keluarga tentu akan menjadi hal yang menarik dan bukan hal yang umum. Robot bernama JIBO yang kami bahas kali ini adalah jenis robot keluarga yang bisa diajak berbicara, bercanda di tengah keluarga. Robot ini dikembangkan oleh Cynthia Breazeal, salah satu pionir dalam robot yang bersifat sosial, dari MIT Media Lab. Hebatnya JIBO ini pun mengerti arti sopan santun dan bisa mengajarkannya pada anak-anak.

Jibo-Robot-Cerdas

Jadi di tengah-tengah suasana lebaran di masa depan, akan ada “anggota keluarga” baru yang bisa ikutan nimbrung dan meramaikan suasana nantinya.

jibo

JIBO juga bisa melakukan hal yang biasa dilakukan manusia, selain berbicara yaitu menyanyi dan menari. Tidak hanya disitu saja kecanggihannya, JIBO ini bisa memiliki peran untuk mengedukasi anak-anak, reminder/pengingat, manajemen kesehatan dan mendampingi orang lanjut usia serta dapat juga digunakan sebagai alat komunikasi serta video conference.

jibo1 Jibo-05

Robot ini merupakan hasil dari ketertarikan dan kesenangan Breazeal (sang penemu) dengan robot dari StarWars (R2D2) yang kemudian menyadari jenis robot sosial yang bisa berinteraksi dengan manusia kurang mendapat perhatian khusus.

Untuk mendapatkan dana produksi robot ini maka Breazeal telah membuat kampanye di indiegogo.com dan telah mendapatkan dukungan dana lebih dari 1 juta USD kurang dari 1 minggu jadi JIBO akan benar-benar diproduksi dan kemungkinan akan sampai di tangan para penyumbang akhir tahun 2015.

Robot ini dikembangkan sejak tahun 2012 dan dapat terhubung dengan internet serta bisa bergerak di tengah-tengah ruang keluarga yang bisa bercerita serta mengenali anggota keluarga. JIBO memiliki ketinggaian 11 inci dan berat 6 pound, yang juga dapat mengambil foto (dilengkapi kamera) serta bisa dikembangkan lebih jauh oleh pengembang seluruh dunia karena platform mereka bersifat terbuka.

Anda bisa ikutan memiliki JIBO dengan menyumbang 499 USD di link Indiegogo berikut:

https://www.indiegogo.com/projects/jibo-the-world-s-first-family-robot

atau bisa pesan dulu di website mereka:

http://www.myjibo.com

Anda bisa melihat video perkenalan tentang JIBO di video berikut:

http://www.youtube.com/watch?v=3N1Q8oFpX1Y

via beritateknologi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *