Hotel Hilton Fungsikan Smartphone Sebagai Kunci Kamar

Gapteker.com – Demi memanjakan para tamu hotel, Jaringan hotel raksasa Hilton berencana untuk meningkatkan teknologi kamar hotel miliknya dengan berbagai fitur baru, seperti buka pintu kamar dengan mengayunkan smartphone, proses check-in dan check-out via smartphone, permintaan upgrade kamar via smartphone, dll.

hht-640x400

Dilansir dari Digital Trends, proses upgrade ini akan dimulai pada tahun 2015 dan akan memudahkan para tamu agar tidak repot mengambil kunci di resepsionis. Proses upgrade diharapkan selesai di seluruh hotel pada tahun 2016.

Selain kunci kamar, Hilton juga berencana merilis formulir digital untuk check-in dan check-out dengan menggunakan smartphone atau tablet.

Fitur check-in digital tersebut berguna agar para tamu yang sudah lelah akibat perjalanan atau pertemuan bisnis dapat langsung ke kamar untuk check-in dan masuk ke dalam kamar tersebut tanpa harus mengunjungi meja resepsionis.

Aplikasi mobile Hilton juga memungkinkan para tamu untuk mengikuti program Hilton Honors yang memudahkan pengguna untuk melihat perlengkapan hotel dan memilih kamar yang diinginkan setelah melihat-lihat berbagai foto desain tiap kamar.

Geraldine Calpin selaku kepala bagian digital Hilton Worlwide mengatakan bahwa mereka telah menganalisis data dan umpan balik dari sekitar 40 juta anggota HHonors, media sosial dan berbagai situs review hotel. Para tamu ternyata menghendaki pilihan yang lebih variatif dan kontrol yang lebih terhadap pilihan mereka.

Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa 84% tamu yang menginap untuk kepentingan bisnis mengaku bahwa mereka ingin dapat memilih kamar mereka sendiri. Para tamu tentunya ingin mendapatkan kamar yang berjauhan dari kamar yang sudah diisi oleh tamu lainnya agar mereka tidak mudah terganggu saat beristirahat.

Dengan fitur baru tersebut, Hilton berupaya agar para tamu dapat memilih kamar mereka sendiri berdasarkan lokasi kamar tersebut lengkap hingga ke nomor kamar.

Aplikasi mobile tersebut juga memungkinkan pengunjung untuk meng-upgrade kamar mereka atau meminta barang khusus sebelum mereka tiba di hotel. Fitur tersebut dikatakan mirip dengan permintaan upgrade kelas saat melakukan penerbangan dengan pesawat terbang.

Menurut juru bicara Hilton, layanan digital check-in dan check-out di aplikasi mobile mereka akan tersedia pada lebih dari 4000 hotel Hilton di seluruh dunia pada akhir tahun 2014.

Lebih jauh lagi, pengembangan teknologi digital akan terus ditingkatkan setiap 6 sampai 8 minggu untuk menyempurnakan layanan check-in digital milik hotel bintang lima tersebut.

Diharapkan dengan penggunaan teknologi digital, para tamu sudah merasa nyaman bahkan sebelum mereka tiba di hotel Hilton. Kemudahan dalam mengatur pesanan kamar dan tidak perlu ke resepsionis untuk mengurus administrasi kamar tentunya akan menambah waktu istirahat para tamu.

Hilton belum memberikan konfirmasi sistem operasi apa saja yang akan mendapat layanan check-in digital, namun iOS dan Android berada di dalam daftar rilis mereka.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *