Hematlah listrik dengan menggunakan Laptop

shutterstock_142908157-846x475

Menghemat listrik bisa dilakukan dari hal-hal kecil, baik di rumah, di jalan maupun di kantor. Seperti misalnya penggunaan komputer atau laptop yang menjadi alat kerja Anda sehari-hari. Berikut sejumlah tips dari WWF Indonesia tentang menghemat listrik dari penggunaan laptop.

1. Untuk alasan praktis, pertimbangkan untuk membeli laptop dibanding desktop atau personal computer, karena laptop mengonsumsi listrik lima kali lebih kecil dibanding desktop.

2. Ketika Anda sudah memiliki desktop dianjurkan menggunakan layar monitor LCD dibanding CRT. Karena konsumsi listrik LCD juga lebih kecil.

3. Nyalakan fitur pengatur daya (power management) pada komputer Anda. Perlu Anda ketahui screensaver sama sekali tidak menghemat energi, jadi lebih baik pilih blank screensaver.

3. Periksa apakah komputer Anda sudah mendukung fitur Speedstep™ power management yang lebih baru dan mendukung penggunaan energi secara efisien.

4. Mematikan komputer Anda setiap kali tidak digunakan, tidak hanya akan menghemat energi yang dikonsumsi tetapi juga akan memperpanjang usia penggunaannya. Membiarkan komputer menyala sepanjang tahun akan memakan lebih dari 1,000 kWh/y, atau setara dengan total konsumsi listrik seluruh rumah.

5. Gunakan sambungan kabel dengan satu steker untuk pemakaian komputer, modem, scanner, printer, monitor, speaker, atau stereo set Anda. Jadi Anda tinggal menekan satu tombol untuk mematikan semua alat elektronik. Praktis untuk memotong penggunaan listrik lebih dari 200 kWh/y. Anda tidak perlu menggunakan fitur stand-by sama sekali.

6. Terakhir minimalkan mencetak data dengan kertas (printing). Jika harus mencetak pilih mesin cetak inkjet dibanding laser printer. Karena laser printer menyerap listrik lebih banyak dibanding inkjet printer.

via Suara.com

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *