Google Nearby, saingan iBeacon dari Google

Sebuah bocoran informasi baru telah mengungkapkan bahwa Google saat ini sedang menyiapkan Nearby, fitur layanan pesan yang memberikan informasi kepada pengguna Android yang ada di sekitar sebuah lokasi tertentu. Nearby (sekitaran) dikatakan akan tersedia setelah sebuah update Google Play Services.

Berdasarkan bocoran screenshot yang ditemukan, layanan Nearby akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang, tempat, dan benda lain yang berada di sekitarnya. Layanan ini memungkinkan pemakai menentukan apa atau siapa yang bisa mengetahui lokasi pengguna.

main_mid
Layanan Nearby ini mirip dengan iBeacon yang disediakan Apple. Melalui iBeacon, pengguna bisa menerima informasi khusus berdasarkan lokasi, seperti iklan, pengingat, dan lain-lain. Sebagai contoh, ketika berada di sebuah supermarket, pengguna bisa memperoleh iklan promosi yang sedang berlangsung di tempat tersebut, atau bisa juga menambah pengingat atau catatan ketika seseorang sedang ada di sekitar, misalnya untuk melakukan meeting.

Fitur Nearby sepertinya akan menggunakan fasilitas Bluetooth untuk dapat beroperasi, sebagaimana iBeacon. Belum diketahui kapan fitur Nearby ini akan tersedia untuk pengguna Android secara global.

via Teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *