Google Habiskan 1Milyar Dollar Untuk Akuisisi Twitch Demi YouTube

twitch

Gapteker.com – Baru-baru ini Google dilaporkan telah mengakuisisi twitch dengan dana yang lumayan besar  yaitu 1 milyar dollar atau sekitar 11 triliun rupiah. Twitch merupakan layanan video streaming khusus untuk game. Menurut kabar dari The Guardian, akuisisi tersebut dilakukan oleh Google demi meningkatkan layanan situs video streaming miliknya yaitu YouTube.

Dengan diakuisisinya Twitch, Google berharap dapat mengalihkan pengguna hardcore Twitch ke YouTube sekaligus melakukan uji coba terhadap tren gaming.

Akuisisi yang dilaporkan terjadi di bulan Mei tersebut merupakan akuisisi dengan dana terbesar setelah Google mengakuisisi YouTube di tahun 2006.

Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 45 juta per bulan dengan rata-rata waktu menonton video 106 menit per harinya, tidak heran jika Google tergiur untuk mengakuisisi Twitch.

Twitch sendiri dianggap sebagai “YouTube-nya para gamer”. Gamer mengunggah video diri mereka saat sedang bermain game baik secara live maupun rekaman sambil berbicara mengenai game tersebut.

Selain desktop, pengguna Twitch dapat mengunggah video langsung dari konsol Xbox One keluaran Microsoft dan PlayStation 4 buatan Sony.

Kemudahan itulah yang menyebabkan jutaan pengguna menghabiskan waktu berjam-jam di Twitch.

Ketertarikan Google terhadap video game streaming bukanlah tanpa alasan. Selama ini, kanal gaming populer seperti PewDiePie memiliki lebih dari 26.4 juta pelanggan dengan total jumlah tontonan lebih dari 300 juta di bulan April saja.

Melihat hal tersebut, maka game merupakan genre terpopuler kedua setelah musik sehingga langkah Google dalam mengakuisisi Twitch dinilai sangat tepat.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *