Fitur Baru Mac OS X 10.10 “Yosemite”

Sebentar lagi Apple akan merilis versi terbaru dari OS X yaitu OS X 10.10 “Yosemite” dengan berbagai fitur baru seperti berikut :

TAMPILAN BERGAYA FLAT DESIGN

yosemite_1 

Seolah turut mengikuti trend flat design yang sedang populer saat ini, OS X Yosemite juga dirombak tampilannya dengan mengadopsi gaya Flat Design. Gaya flat tersebut diambil dari desain iOS 7, jadi tidak sepenuhnya flat. Window masih memiliki bayangan hitam dan putih, serta semi-transparan.

NOTIFICATION CENTER YANG LEBIH INTERAKTIF

yosemite_2

Notification Center OS X Yosemite juga mengambil konsep dari iOS 7, dengan dominasi warna hitam dan organisasi notifikasi di sebelah atas. Kamu bisa mengubah tampilannya dalam format agenda harian yang juga akan menampilkan reminder serta jadwal kamu pada hari itu.

Kamu bahkan bisa memperlebar notifikasi tersebut hingga bisa melihat notifikasi dan agenda secara bersamaan. Notification Center ini juga sudah support widget yang bisa menampilkan informasi-informasi tertentu di sidebar.

SPOTLIGHT YANG DIPERBARUI

yosemite_3

Spotlight kini merupakan launcher aplikasi dan dokumen sekaligus menjadi search tool di OS X. Sebuah command key bisa memunculkan search bar di tengah layar dan bisa kamu gunakan untuk mencari file, membuka dokumen, ataupun menjalankan aplikasi dengan cepat.

ICLOUD DRIVE YANG CROSS PLATFORM

yosemite_4

iCloud Drive sekarang bisa dijalankan di OS X, iOS, dan Windows. Cara kerjanya kini jadi mirip seperti Dropbox, yaitu untuk sinkronisasi file, musik, dokumen, dan berbagai data aplikasi ke berbagai device.

APLIKASI MAIL YANG LEBIH POWEFUL

yosemite_5

OS X Yosemite bakal dilengkapi dengan aplikasi Mail yang lebih powerful dari versi sebelumnya. Selain berjalan dengan lebih cepat, aplikasi Mail ini juga dilengkapi dengan fitur enkripsi file attachment secara otomatis. File attachment yang terenkripsi tersebut akan disimpan di iCloud (dengan kuota 5GB), lalu akan disediakan link download sehingga penerima email bisa mendownloadnya.

Aplikasi Mail ini juga dilengkapi dengan fitur editing dimana kamu bisa menambahkan catatan di gambar dan dokumen sebelum mengirimkannya ke orang yang dituju.

BROWSER SAFARI YANG LEBIH CEPAT

yosemite_6

Safari di OS X Yosemite kini mendapatkan peningkatan kecepatan, terutama di rendering javascript. Safari ini sekarang memiliki satu toolbar saja dimana ketika mouse kamu klik ke URL field maka akan langsung muncul berbagai situs favorit kamu. Lalu URL field tersebut juga akan menampilkan instant preview sesaat setelah kamu mengetikkan alamat situs.

Browser ini sekarang juga memiliki fitur all-tabs view dan fitur sharing yang bisa dihubungkan dengan akun sosial media kamu, membuat kamu lebih mudah dalam berbagi link dengan sekali klik. Fitur security dan privacy juga sudah ditingkatkan. Sekarang kamu bisa membuka private window tanpa mengganggu window lain yang sudah terbuka.

BEKERJA DI BERBAGAI DEVICE KINI JADI LEBIH MUDAH

OS X Yosemite juga memiliki berbagai fitur baru yang memudahkan kamu untuk bekerja di berbagai device. Misalnya saja kamu bekerja di Mac OS, lalu berhenti dan melanjutkannya di iPad, kini kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan fitur yang disebut Handoff.

yosemite_7

OS X Yosemite juga dilengkapi dengan fitur Instant Hotspot, sebuah fitur yang memudahkan pengguna Mac untuk menggunakan koneksi internet dari iPhone. Selama iPhone kamu berada dalam jarak sinyal yang ditentukan, maka iPhone tersebut akan muncul di menu Wi-Fi dari OS X.

yosemite_8

iMessage di OS X Yosemite sekarang juga bisa mensinkronisasi SMS dari berbagai OS mobile yang kamu miliki. Selama smartphone tersebut berada dalam jarak yang ditentukan, maka proses sinkronisasi akan terus terjadi. Kamu bisa melihat dan membaca SMS dari berbagai device tersebut langsung dari Mac. Tidak hanya SMS, kamu juga bisa melihat telepon yang masuk beserta nomornya. Kamu bisa menjawab telepon tersebut langsung melalui Mac dengan menggunakan speakerphone.

yosemite_9

GRATIS UNTUK SELURUH PENGGUNA MAC

yosemite_10

OS X Yosemite akan hadir ke seluruh pengguna Mac secara gratis. Mereka bisa melakukan update ke Mac OS terbaru tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun.

via winpoin

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *