Fitur Aplikasi Google Allo, Chat Pintar milik Google

Google Allo – Belum lama ini Google secara resmi meluncurkan aplikasi messenger (chat) bernama Google Allo, dan seperti yang diperkirakan  aplikasi chat Allo ini langsung ramai diunduh begitu dirilis, hingga tulisan ini dibuat sudah tembus 1 juta dowload.

Google-Allo-smart-chat-messenger

Google sebenarnya sudah memiliki messenger Hangouts dan Allo dibuat untuk mengurangi dominasi WhatsApp maupun Facebook Messenger. Google juga sudah memastikan bahwa Hangouts tidak akan dimatikan dengan keberadaan aplikasi Allo ini.

Dan ditengah ramainya persaingan aplikasi messenger saat ini, Google menambahkan fitur-fitur unik dan menarik yang membedakan Allo dengan chat lainnya yang sekaligus menjadi kelebihan tersendiri aplikasi Google Allo.

Dan sama seperti WhatsApp maupun aplikasi chat lainnya, Allo juga gratis dan bisa di download langsung melalui smartphone Anda.

Fitur Google Allo

1. Smart Reply untuk membalas tanpa harus mengetik.

Fitur Smart Reply pada Allo ini memungkinakan Anda untuk membalas chat tanpa harus mengetik dengan batuan saran text atau emoji sesuai gaya Anda. Smart Reply akan “menyimpan” ekspresi Anda dalam menjawab pesan, misalnya “haha” atau “lol”. Jadi Allo akan menyarankan jawaban yang bisa anda pilih dengan mudah.

Allo-Smart-Reply

Sayangnya fitur ini hanya memungkinkan dalam bahasa Inggris

2. Fitur Shout dan Whisper

Fitur Shout (memperbesar) maupun  Whisper (mengecilkan) text maupun emoji dengan mudah. Sangat mudah karena untuk memperbesar  cukup slide keatas atau mengecilkan dengan slide kebawah.

Allo-Shout-Whisper

Pada aplikasi chat yang lain hal ini biasa dilakukan dengan cara memilih ukuran huruf untuk meng-ekspresikan pesan kita, namun di google Allo kita cukup slide up atau down untuk merubahnya.

Pesan maupun emoji yang dibesarkan biasanya untuk menegaskan, oleh karena itu disebut Shout (teriak) dan pesan dan emoji yang dibuat kecil untuk menkspresikan berbisik (whisper).

3. Sticker yang Interaktif

Seperti halnya aplikasi messenger yang lain, Allo juga memiliki sticker, dan sticker Allo ini dibuat oleh pihak lain seperti artis danstudio-studio dari penjuru dnuia yang memilik tema yang beragam, mulai dari pesta, drama dan lain sebagainya.

Sayangnya belum bisa dipastikan apakah sticker-sticker ini bisa digunakan secara gratis atau ada biaya yang harus dikeluarkan.

Allo-Sticker

4. Creative Photo

Allo juga memiliki fitur Ink yang memungkinkan memposting pesan dalam bentuk gambar yang bisa langsung kita tambahkan teks atau menambahkan lukisan tangan langsung di aplikasi Allo.

Allo-Paint-Photo

5. Memasukkan hasil Google Assistant ke chat

Inilah fitur Allo yang paling menarik dimana saat melakukan percakapan bisa langsung menyisipkan bantuan dari Google yang bisa berupa hasil “pencarian Google”, rekomendasi dari Google maupun game, apapun yang bisa kita dapat dari search engine google tanpa keluar dari aplikasi Allo

Allo=Personal-Assitant

6. Personal Google Assitant

Melakukan chat dengan Google Assitant dan menjadikan Allo layaknya asisten pribadi yang bisa untuk :

  • Memberi saran, misalnya saat mencari tiket penerbangan, mencari hotelm dll
  • Meminta Google Assitant untuk “mengingatkan” kita dengan notifikasi pada jam / waktu tertentu.

Allo-Personal-Assitant

 

Gambar diatas menjelaskan bagaimana fitur Allo Personal Assitant (Asisten Pribadi) melakukan perannya :

  • Chat dengan Google Assitant yang kemudian akan dijawab oleh Google Assitant layaknya seorang CS (Customer Service)
  • Meminta bantuan mencarikan tiket penerbangan dari tempat A ke tempat B
  • Google Assitant memberikan saran tiket (ittenary) yang sesuai
  • Kita bisa memutuskan untuk menyimpannya saja atau meminta Google Assitant untuk memgingatkan kita (reminder)
  • Google Assitant meminta kapan waktu untuk me-reminder
  • Setelah kita menentukan waktunya, maka pada waktu yang kita tentukan itu akan mendapat notifikasi dari Google Assitant.

7. Incognito Chat (Chat Mode Penyamaran)

Ini adalah fitur Allo yang memungkikan pengguna berbicara secara rahasia (mode penyamaran) dan menghindari penyadapan. Percakapan dengan mode Incognito akan membuat perbincangan terenkripsi dan bisa disimpan dalam durasi yang ditentukan.

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *