FACEBOOK KERJAKAN TEKNOLOGI PENGENALAN WAJAH BARU (DEEPFACE)

deepface-pengenalan-wajah-facebook-300x187Peneliti Facebook menerbitkan sebuah makalah bulan lalu di mana mereka rinci kemampuan sistem kecerdasan buatan baru yang dikenal sebagai “DeepFace.” Ketika ditanya apakah dua foto menunjukkan orang yang sama, DeepFace menjawab dengan benar 97,25% pada saat itu.

Facebook sudah menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menyarankan tag pada foto yang diunggah oleh pengguna; Google memiliki teknologi serupa untuk jejaringan sosial Google+ nya. Tapi DeepFace merupakan langkah besar ke depan.

Software pengenalan wajah yang ada saat ini masih kesulitan untuk mengenali gambar yang kurang jelas. Hal ini tidak menjadi masalah dengan DeepFace, yang menciptakan model 3-D wajah dalam foto dan kemudian menganalisanya menggunakan teknologi artificial intelegensi yang dikenal dengan “pembelajaran yang mendalam (deep learning).”

Sistem pembelajaran mendalam meniru struktur neuron di otak untuk menganalisis set data yang besar dan menarik hubungan. Sistem DeepFace melakukan analisis didasarkan pada lebih dari 120 juta parameter yang berbeda.

Semuanya ditambahkan sampai dengan sebuah peningkatan yang substansial pada keadaan saat ini dalam seni sistem pengenalan wajah, kata para peneliti.

Apakah DeepFace akan digunakan oleh Facebook untuk pengenalan wajah?

Untuk saat ini, tidak jelas bagaimana atau jika Facebook akan menggunakan DeepFace. Teknologi ini tetap “Penelitian teoritis,” kata juru bicara Facebook Lydia Chan.

“Kami saat ini tidak menggunakan teknik yang dibahas di Facebook,” katanya.

Tapi itu mudah untuk melihat bagaimana pengenalan wajah yang lebih akurat bisa menjadi keuntungan untuk teknologi dan pemasaran perusahaan yang mengandalkan dalam mengetahui identitas Anda – dan mimpi buruk potensial untuk pendukung privasi.

via CNN

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *