DEEPFACE : TEKNOLOGI PENGENALAN WAJAH DI FACEBOOK

teknologi pengenalan wajah akurat deepface dari facebook

Pengguna Facebook selama ini sudah sangat terbiasa untuk mengunggah foto mereka ke facebook, bahkan tren foto Selfy membuat pengguna facebook “super santai” mengunggah foto wajah mereka secara close up kemudian membagikannya dengan meletakkan tag nama teman facebook mereka. Sekarang Facebook tengah mengembangkan teknologi pemindai “yang mendekati akurasi” untuk mengenali wajah teman anda di dalam foto.

DeepFace, demikian nama teknologi yang sedang dikembangkan tim programmer Facebook tersebut. DeepFace memetakan fitur 3 dimensi wajah dan menciptakan model non-berwarna untuk mengenali karakter spesifik dari wajah. Keakuratan metode ini diklaim mencapai 97,25%, sedikit di bawah akurasi pengenalan yang bisa dilakukan manusia, yaitu 97,5%.

Untuk membangun teknologi itu, Facebook terlebih dahulu memindai 4,4 juta wajah yang di tagoleh 4.030 pengguna. Pemindaian dilakukan untuk membantu sistem belajar mengidentifikasi fitur spesifik dari setiap orang. Ada 4 fase dalam sistem kerja DeepFace, yakni: deteksi, penyelarasan, representasi, dan klasifikasi.

Memang, Facebook belum akan menggunakan teknologi ini dalam waktu dekat. Tim programmer Facebook akan terlebih dahulu mempresentasikan DeepFace di Konferensi Pengenalan Visi dan Pola Komputer IEEC pada bulan Juni ini.

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *