Cara Merawat Layar Sentuh Pada Smartphone

layar smartphone

Teknologi Layar Sentuh sepertinya sudah menjadi syarat wajib di Smartphone. Namun tahukah Anda layar sentuh smartphone sangat rentan rusak pada bagian layar. Jika kita kembali ke jenis HP sebelum layar sentuh, jika keypad HP rusak mungkin kita bisa ganti dengan membeli karena harga murah, namun jika layar sentuh smartphone rusak sangat fatal untuk ponsel pintar Anda. Maka dari itu kita perlu tau kiat-kiat dalam menggunakan sekaligus merawat agar Layar Smartphone kita bisa awet digunakan. Berikut tipsnya :

1. Selalu Bersihkan Layar

Agar layar HP sentuh Anda tetap bersih, selalu bersihkan dengan bahan yang halus dan kering, agar layar smartphone tetap bersih dari debu dan kotoran lainnya. Ini hal yang mendasar jika Anda memiliki smartphone.

2. Gunakan Layar Protektor

Pelindung layar bisa dipasang di smartphone, bisa dibeli saat Anda membeli smartphone berbarengan. Pelindung layar smartphone akan selalu menjaga dari sentuhan langsung dari jari Anda, terkadang jari kita agak kotor berdebu dan berminyak, layar protektor akan mampu memperpanjang umur smartphone Anda.

3. Gunakan Pelindung Smartphone

Pelindung smartphone bisa berupa aksesoris berupa casing pelindung, atau berupa flip aksesoris untuk melindungi smartphone dan layarnya. Ini menjadi penting karena smartphone yang mahal harus dipelihara dengan ektra agar tetap awet. Seperti ketika saat kita masukkan kedalam kantong celana, kedalam tas, atau di dashboard mobil, jika tidak ada pelindung smartphone akan membuat gesekan pada smartphone dan layar smartphone tentu akan berpengaruh terhadap kinerja layar smartphone nantinya.

Dalam hal penggunaan Smartphone untuk merawat dan menjaga layar smartphone Agar tetap awet, Anda bisa menggunakan layar smartphone dengan cara;

1. Tidak Menekan Layar Dengan Keras

Hal ini terjadi ketika menggunakan aplikasi yang berbentuk game, seperti aplikasi bermain drum misalnya, saking asiknya bermain drum di Android samapi Anda lupa menekan dengan kuat layar smartphone Anda. Sebaiknya jangan lakukan ini agar layar smartphone Anda awet.

2. Tidak Menggunakan Kuku Menekan Layar

Terkadang jari-jari dipenuhi dengan kuku, lalu kuku digunakan untuk mengoperasikan layar smartphone. Ini sangat tidak baik bagi layar smartphone Anda. Kuku yang tajam, keras, mampu merusak layar smartphone. Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan menekan atau mengetuk tombol smartphone dengan kuku.

3. Saat Penggunaan Hindari Sinar Matahari Langsung.

Saat menggunakan smartphone ada baiknya jangan berada dibawah sinar matahari langsung, ini akan berimbas pada komponen tipis berupa gel yang ada pada lapisan layar smartphone.

Itulah beberapa tips cara merawat layar sentuh pada smartphone agar selalu terawat  dan lebih awet. Semoga bermanfaat.

via infotech

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *