Cara Menghemat Baterai pada Smartwatch

smartwatch

Gapteker.com – Jam tangan pintar atau smartwatch akan menyedot banyak daya jika ia tidak di kelola dengan baik. Berbeda dengan jam tangan biasa yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Pastikan juga untuk memperkirakan daya tahan baterai smartwatch tersebut agar kita tidak repot men-charge setiap hari.

Dikutip dari Android Central, berikut tips untuk membuat jam Android Wear Anda tidak cepat low-batt:

1. Brightness

Brightness atau pencahayaan terkadang ‘susah diatur’. Bahkan dengan tingkat brightness paling tinggi sekalipun, smartwatch merk Gear Live atau G Watch tidak mampu menampilkan display yang baik di bawah cahaya matahari yang terang benderang.

Untuk memperpanjang usia baterai, ukuran brightness harus ditekan serendah mungkin. Pastikan Anda telah menyesuaikan ukuran tersebut agar tidak terlalu besar namun tetap nyaman di mata Anda dan jangan sampai karena saking ingin hemat baterai, Anda malah tidak bisa melihat tampilan layar di smartwatch Anda.

2. Matikan fitur “always-on”

Bila fitur “always-on” tidak diaktifkan, Android Wear akan tampil hitam putih dengan tingkat pencahayaan yang sangat rendah namun tetap memungkinkan Anda untuk melihat jam dan menerima notifikasi. Dengan menyentuh layar atau mengangkat tangan, tampilan layar akan kembali seperti biasa. Anda dapat mengatur fitur “always-on” dari menu utama.

3. Aktifkan mode mute

Anda dapat mematikan getar dan bunyi notifikasi setiap kali Anda menerima email atau pesan lainnya dengan mematikan fitur notifikasi. Jika dimatikan, smartwatch Anda tidak akan menyala maupun bergetar saat menerima notifikasi.

Selain menghemat baterai, fitur ini sangat berguna ketika Anda sedang tidur atau sibuk karena notifikasi dari smartwatch tidak menganggu kegiatan Anda.

4. Kurangi notifikasi

Seperti gadget pada umumnya, munculnya notifikasi akan membuat layar smartwatch Anda menyala selama beberapa detik untuk menampilkan pesan yang diterima. Jika Anda terus menerus menerima notifikasi, kemungkinan besar Anda akan harus men-charge jam tangan pintar Anda setiap hari.

Android Wear memungkinkan Anda untuk memilih notifikasi apa saja yang ingin ditampilkan, sehingga Anda dapat mematikan notifikasi yang jarang Anda gunakan. Anda dapat menentukan notifikasi penting yang ingin Anda terima, seperti email pekerjaan dan juga mematikan notifikasi dari media sosial yang mungkin akan lebih sering Anda akses melalui smartphone atau tablet.

Para pengembang smartwatch juga tengah mengatasi masalah daya tahan baterai. Para pengguna tentunya mengharapkan daya tahan yang cukup untuk melihat jam hampir setiap saat sekaligus menerima notifikasi selama setidaknya lebih dari setengah hari.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *