Cara Aman Isi Ulang Tinta Printer

how to refill ink

Mengisi ulang tinta printer memang susah susah gampang. Mengisinya memang mudah, tinggal kita suntikkan tinta ke catridge lalu kita bersihkan headnya dengan tisu. Tapi jika tidak hati-hati, maka setelah kita isi ulang, bisa jadi catridge menjadi rusak, hasil print bergaris, warna pudar, dll. Maka dari itu perlu cara yang aman dalam mengisi ulang tinta printer. Berikut tipsnya :

1. Belah catridge dengan menggunakan cutter, setelah terbelah tentu kita akan melihat bagian dalamnya, berupa spons dengan warna berbeda.

2. Kemudian ambil tinta dengan menggunakan jarum suntik sesuai anjuran.

3. Masuk dan tusukan jarum langsung kedalam spons sesuai warnanya. Ingat, di balik spons tersebut ada yang namanya filter, jangan suntik di sini, karena ini dapat menyebabkan kerusakan pada catridge. Cara aman yaitu mengisi tinta dengan menyuntikkan di spons ke samping (jangan lurus kebawah) tetapi miring dan diarahkan ke samping (dinding catridge bagian dalam).

4. Setelah d isi cek printhead (tempat keluarnya tinta) apakah tintanya sudah keluar dengan lancar atau belum, jika belum, bisa dilakukan pencelupan head catridge nya kedalam air panas sampai tinta benar-benar keluar dengan lancar. Sebenarnya banyak cara yang digunakan untuk memperlancar keluarnya tinta, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat yang namanya refill kit yang banyak di jual d refill center.

5. Setelah keluar tintanya, tutup kembali catridge yang telah di belah tadi dengan cara mengelem bagian pinggiran catridge. Tunggulah beberapa menit hingga lem benar-benar mengering.

6. Setelah selesai barulah kita tes dengan cara tes print. Jika hasilnya bergaris, cobalah anda cleaning. Tapi jika hasilnya masih sama berarti printhead catridge anda sudah tidak bagus. (karena untuk catridge warna 2-3 kali reffill saja kadang sudah tidak bagus. Tapi untuk catridge yang hitam bisa bertahan lebih lama di bandingkan catridge yang warna) opsi lain adalah dengan mengubah settingan print quality anda menjadi high/best pada print properties pada kotak dialog print.

via saifulbahri202895

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *