‘BIG DOG’ Robot Anjing Militer Raksasa Buatan Google

big-dog-robot-anjing-militer-raksasa-buatan-google

Gapteker.com – Selain berbisnis di bidang software dan di dunia maya, sekarang perusahaan besar Google juga merambah ke bidang robot untuk dunia militer. Seperti apakah robot buatan Google tersebut?

Robot yang berbentuk anjing ini mempunyai nama resmi “Legged Squad Support System” tetapi lebih sering dipanggil dengan sebutan ‘Big Dog’ atau ‘Cujo’. Tak berlebihan memang, karena robot anjing ini berukuran sepanjang manusia tetapi dengan badan yang lebih besar.

Badan yang bongsor menunjang fungsi utama dari robot ini yakni sebagai pengangkut perbekalan dan peralatan militer milik tentara Amerika. Bobot maksimal yang bisa diangkut oleh Cujo adalah 181 kilogram.

Cujo sendiri saat ini tengah diujicobakan di tempat latihan Marinir AS di daerah Hawaii. Robot hasil karya perusahaan Boston Dynamics yang telah dibeli oleh Google itu memakan dana riset dan pembuatan hingga Rp 23 miliar lebih, Daily Mail (14/07).

Dalam percobaan itu, Cujo mampu melibas medan dengan permukaan yang sulit dengan cara berjalan maupun berlari. Untuk dapat bergerak, robot ini membutuhkan seorang tentara untuk mengontrolnya melalui sebuah kontroler unik mirip tablet yang dipasangi joystick.

robot-anjing-militer-buatan-google-002-bramy-biantoro

 

Tentara yang diberi kesempatan untuk melakukan uji coba kepada Cujo atau yang lebih dikenal dengan Big Dog ini adalah Kapten Brandon Dieckman, dia menyatakan bila Cujo bisa diajak melewati sekitar 70 sampai 80 persen daerah yang sering dilalui tentara. Hanya saja, terdapat sedikit masalah keseimbangan ketika harus menempuh medan yang miring atau perbukitan.

robot-anjing-militer-buatan-google-001-bramy-biantoro

 

via merdeka

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *