Berikut Cara Pakai Earphone yang Benar

Gapteker.com – Earphone memang memudahkan kita dalam mendengarkan musik atau rekaman dari handphone kita. Selain itu juga dengan earphone kita tidak membuat gaduh lingkungan sekitar, sehingga orang tidak terganggu dengan musik yang kita putar. Selain itu, harganya juga bisa terbilang murah. Namun dibalik semua kelebihan itu, kita juga perlu tahu cara pakai earphone yang baik dan benar, karena jika salah dalam menggunakannya, bisa-bisa telinga kita menjadi bermasalah dan bisa menyebabkan telinga kita sakit atau yang lebih parah. Untuk memperoleh output audio yang maksimal dari earphone kita, ikuti langkah sederhana berikut ini :

earphone

Pilih Ukuran yang Pas

Pilihlah eartip dengan ukuran yang tepat atau sesuai dengan telinga Anda. Cobalah berbagai ukuran eartip (biasanya terbuat dari silikon) yang ada di dalam paket penjualan. Langkah tersebut juga merupakan cara terbaik untuk membuat telinga Anda nyaman.

Ada kemungkinan telinga yang satu dengan telinga yang lain mempunyai ukuran berbeda, mungkin yang satunya sedikit lebih besar sehingga Anda perlu menggunakan ukuran eartip yang sesuai untuk masing-masing telinga.

Gunakan Eartip Dengan Benar

Untuk mendapatkan keluaran suara terbaik dari earphone Anda, eartip harus menutup telinga secara menyeluruh. Jika hanya menekan eartip ke dalam telinga, terkadang bisa lepas dengan sendirinya sehingga eartip tidak menutup telinga secara penuh.

Cobalah untuk menariknya secara perlahan untuk memudahkan ujung eartip masuk dan menutupi telinga Anda. Ketika eartip sudah terpasang dengan benar, perhatikan apakah masih terdengar suara di sekitar atau tidak. Jika masih terdengar dengan jelas berarti eartip yang terpasang belum optmal.

Pasang Senyaman Mungkin

Menggunakan earphone saat berolahraga, biasanya eartip akan tertarik ketika Anda bergerak sehingga lama kelamaan eartip yang tersemat di telinga akan longgar, meskipun kembali dimasukan ke telinga.

Solusinya, Anda bisa memindahkan kabel earphone ke belakang kepala dengan posisi kabel berada di atas telinga. Kemudian miringkan eartip agar sesuai dengan lubang telinga dan posisikanearphone bertanda “L” di sisi telinga kiri dan yang bertanda “R” di sisi telinga kanan.

Gunakan Stabilizer

Pastikan untuk menggunakan stabilizer yang mungkin sudah tersedia pada paket penjualan – biasanya terbuat dari material plastik – berguna untuk mengganjal eartip agar tidak mudah goyang saat Anda bergerak.

Anda juga dapat mencoba stabilizer generik, seperti BudLocks Earphones Sport Grips dan untuk Apple earpods seperti pengait telinga Earbudi Clips. Anda pun dapat menggunakan stabilizertersebut untuk membantu eartip tetap berada di posisinya.

via liputan6

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *