Awas Google Chrome Bisa Buat Baterai Laptop Cepat Habis

chromeborosbaterai_2

Gapteker.com – Memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan bug ini sebelumnya seolah diabaikan sampai akhirnya diangkat kembali ke permukaan oleh banyak media. Bug inipertama kalinya ditemukan sekitar tahun 2008kembali diangkat di tahun 2012, dan hingga saat ini belum juga ada perbaikannya.

BUG SEPERTI APA YANG MEMBUAT CHROME MENJADI BOROS BATERAI?

Bug ini berhubungan dengan system clock tick rate di Windows. Clock tick adalah teknologi di Windows yang membuat processor sleep untuk sejenak jika tidak diperlukan dan dibangunkan lagi dalam beberapa saat kemudian sesuai interval yang ditentukan. Tujuannya adalah untuk menghemat power yang dikonsumsi oleh komputer.

Nah..disinilah masalahnya bermula.

Normalnya dalam keadaan idle maka Windows akan memiliki clock tick rate sekitar 15.6ms. Di browser lainnya, jika browser dibuka maka interval clock tick rate akan naik menjadi setiap 10ms. Begitu browser digunakan untuk menjalankan video flash misalnya, maka clock tick rate naik lagi menjadi 1ms. Namun begitu video di stop maka clock tick rate akan kembali ke 10ms. Dan begitu browser di close maka akan kembali normal lagi ke 15.6ms.

Di Chrome tidaklah demikian.

Ketika Windows dalam keadaan idle dengan clock tick rate 15.6ms, membuka Chrome dan menjalankan video konten seperti video flash akan meningkatkan lock tick rate menjadi 1ms. Namun setelah video di pause, clock tick rate tidak turun dan tetap bertahan di 1ms. Bahkan ketika tab browser tersebut di close, clock tick rate tetap tidak turun dan masih berada di 1ms. Banyak pengguna bahkan melakukan uji coba dengan merestart PC dan membuka Google Chrome, hasilnya clock tick rate juga langsung naik ke titik 1ms meskipun tidak membuka halaman apapun!

Ini artinya Chrome membuat processor dibangunkan dari yang hanya 64 kali per detik menjadi 1000 kali per detik!

Untuk membuktikannya kamu bisa mendownload ClockRes disini. Setelah itu jalankan clockres.exe melalui CMD untuk melihat besarnya clock tick rate di Windows kamu antara sebelum, sesudah, dan setelah menggunakan Google Chrome.

chrome

Dalam dokumentasi Microsoft disebutkan bahwa clock tick rate 1ms akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih boros hingga 25 persen. Komputer bahkan akan terasa lebih berat karena CPU dipaksa untuk bekerja lebih keras. Dengan baterai yang lebih cepat habis dan CPU yang lebih harus bekerja keras tentu saja bisa kamu tebak apa efek jangka panjangnya bagi keawetan baterai dan laptop.

Hingga saat ini bug clock tick rate ini masih tetap ada di Google Chrome dan belum juga teratasi. Kalau dihitung-hitung sejak pertama kalinya ditemukan pada September 2008 silam, maka sudah hampir 6 tahun lamanya belum ada solusi dan perbaikan apapun dari pihak Google.

via winpoin

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *