ART akan dipakai secara default pada Android versi selanjutnya

Google telah mengujicoba sebuah run time baru yang disebut ART (Android Run Time) sejak meluncurkan Android KitKat 4.4. Fitur ART dimaksudkan untuk menggantikan Dalvik yang telah dipakai sejak Android versi awal dan sempat digugat oleh Oracle di pengadilan. Runtime baru tersebut ternyata telah dianggap matang dan belum lama ini diketahui telah dimasukkan ke dalam kode sumber AOSP secara permanen dan akan menggantikan runtime Dalvik pada Android versi berikutnya, apakah itu versi 4.5 atau 5.0.

main_mid (1)

Berbeda dengan Dalvik yang memakai kompilasi JIT (Just in Time), ART akan menggunakan prinsip kompilasi Ahead-Of-Time (AOT) yang akan menjalankan kode sejak awal walaupun belum dibutuhkan. AOT biasanya melakukan kompilasi kode saat instalasi suatu aplikasi sehingga aplikasi tersebut akan lebih cepat tereksekusi jika dijalankan nantinya karena tidak membutuhkan kompilasi lagi.

Runtime ART ini akan meningkatkan kinerja dan ketahanan baterai Android secara umum. Namun demikian ada berbagai aplikasi yang perlu dioptimasi ulang jika runtime baru ini dijalankan secara default nantinya. Aplikasi yang tidak dikompilasi ulang kemungkinan tidak akan berjalan dengan baik ketika dioperasikan di Android versi terbaru nantinya.

via Teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *