Apple Gunakan CPU 2GHz Untuk iPhone 6 ?

apple-cpu Gapteker.com - Jika kita membicarakan spesifikasi saja, ponsel Android saat ini jauh mengungguli iPhone. Bagaimana tidak, dari RAM saja iPhone 5S hanya menggunakan 1GB, sementara ponsel kelas atas Android sudah 2GB bahkan yang 3GB sudah banyak bermunculan. Demikian juga prosesor, ponsel Android seperti LG G3 dilengkapi chipset dengan clock 2,5GHz, sementara iPhone 5S dengan chip A7 64 bit hanya 1,3-1,4GHz. Namun untuk A8 yang akan digunakan di iPhone 6, dan iPad Air 2 tampaknya gapnya akan makin kecil.

Dari laporan mata rantai penyuplai prosesor dan sejenisnya, Apple A8 akan menggunakan clock maksimal 2GHz, pertama kalinya dalam sejarah. Berita sebelumnya pernah menyatakan chipset terbaru Apple bisa sampai 2,6GHz, namun mungkin ini adalah A8 untuk iPad Air 2. Chip A8 kemungkinan besar sudah 64 bit, dan masih menggunakan arsitektur dual core. Ponsel Android sudah ada yang menggunakan 4, 6, bahkan 8 inti prosesor, namun tentu jumlah inti prosesor bukanlah satu-satunya hal yang menentukan performa sebuah perangkat.

Apple A8 kabarnya akan diproduksi oleh TSMC, karena Apple mengurangi peranan rival beratnya, Samsung sebagai penyuplai. Pemrosesannya 20nm, sehingga teorinya chip terbaru ini akan memiliki performa lebih bagus dan konsumsi daya lebih efisien dibandingkan pemrosesan 28nm yang ada di kebanyakan chipset saat ini.

via teknoup

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *