A2DP (Advanced Audio Distribution Profile)

Advanced Audio Distribution Profile (A2DP) mendefinisikan protokol dan prosedur untuk mendistribusikan audio (stereo atau mono) menggunakan ACL link dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan koneksi bluetooth. A2DP dirancang untuk mentransfer 2-channel streaming audio stereo, pada konfigurasi tersebut, server atau sumber dikenal dengan nama source (SRC) dan client disebut dengan nama sink (SNK), dan Struktur dari profile yang terdapat dalam perangkat bluetooth saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Pada Telepon Seluler

Menghubungkan suara ke perangkat speaker atau headphones tanpa melalui kabel (melalui koneksi bluetooth). Dengan menu A2DP, kita bisa memutar lagu dari ponsel kita tanpa perlu sambungan kabel ke perangkat headphones maupun speaker.

a2dp-advanced-audio-distribution-profile

Advanced Audio Distribution Profile (A2DP) berada dalam lingkup Generic Access Profile (GAP) dan Generic Audio atau Video Distribution Profile (GAVDP), di mana mendefinisikan kebutuhan saat akan dan saat melakukan audio streaming, termasuk signaling di dalamnya. Dalam hal ini, user interface dan prosedur didefinisikan dalam GAP dan GAVDP, A2DP mendefinisikan protokol dan prosedur secara spesifik untuk dapat melakukan audio streaming.

Streaming Protocol

Ada beberapa protokol khusus yang digunakan untuk aplikasi streaming, yang digunakan untuk melakukan kontrol session streaming Real-Time Control Protocol (RTCP) dan digunakan untuk melakukan transmisi payload data, yaitu adalah Real Time Protocol (RTP)

Real-Time Transport Protocol (RTP)

RTP berfungsi untuk transmisi real-time data seperti audio, video, dan multimedia secara end-to-end. RTP mendukung transmisi unicast dan multicast. RTP digunakan sebagai protokol transport dan tidak menjamin quality of service untuk layanannya.

Real-Time Control Protocol (RTCP)

Fungsi utama dari RTCP adalah untuk memperoleh feedback dari streaming session user. Encoder dan streaming server dapat menganalisa informasi feedback tersebut untuk melakukan perubahan data stream yang dikirimkan. RTCP digunakan bersama dengan protokol RTP untuk memperoleh feedback kualitas transfer data dan untuk menambahkan identifikasi dan fungsi kontrol.

Berbagai sumber

About The Author

Co Founder Gapteker

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *