80 persen aplikasi di app store tidak berguna

Gapteker.com – Menurut laporan dari analis perusahaan mobile, Adjust, sekitar 80 persen dari 1,2 juta aplikasi di App Store berakhir sia-sia alias tidak berguna. Meski aplikasi di App Store telah diunduh sebanyak 75 miliar dan memberikan keuntungan hingga US$ 15 miliar dari karya mereka.

android store

Pada bulan Juni, misalnya, sebanyak 953.387 (80 persen) aplikasi dari 1.197.087 digolongkan dalam “aplikasi zombie”. Jumlahnya meningkat bila dibandingkan dengan bulan Desember 2013 lalu, yaitu dari 70 persen.

Dilansir Tempo, jumlah “aplikasi zombie” yang meningkat diperkirakan karena adanya persaingan yang ketat. Apple juga terus menambahkan sekitar 600 ribu aplikasi di App Store setiap bulannya dan membuat aplikasi yang “tidak laku” sulit bertahan. “Garis perbedaan antara aplikasi aktif dan ‘aplikasi zombie’ bisa mencapai angka 39.171 antara dua atau tiga hari selama berbulan-bulan,” demikian pernyataan Adjust dalam laporannya.

Dari data Apple, setidaknya ada 39 ribu aplikasi milik perusahaan yang masuk dalam kategori terpopuler dari toko aplikasi lainnya. Berbagai aplikasi Apple meramaikan daftar 350 aplikasi teratas. Namun sekarang aplikasi Apple hanya ada dalam daftar 150 teratas.

Laporan lain juga menunjukkan sekitar 21 persen perangkat lunak Apple Store “mati” selama bertahun-tahun. Dari semua kategori, sebanyak 27 persen adalah aplikasi buku, 25 persen hiburan, dan 25 persen utilitas sudah masuk kategori “mati”. Kemungkinan aplikasi tersebut akan segera ditarik oleh perusahaan dalam waktu dekat.

via m.indogamers

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *