7 Alasan Popularitas Windows Phone Akan Meningkat

wp

Gapteker.com – Saat ini smartphone dengan sistem operasi iOS dan Android memang masih menjadi yang terpopuler pertama dan kedua di dunia. Tetapi bukan rahasia lagi bahwa market share Windows Phone terus naik. Bahkan Marketing Chief Windows Tony Prophet mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada 1.5 milyar pengguna Windows Phone di seluruh dunia. Dan ini lah alasan kenapa popularitas Windows Phone akan terus meningkat :

 

INTEGRASI DENGAN WINDOWS

Seiring berjalannya waktu Microsoft terus berupaya agar Windows Phone bisa terintegrasi dan tersinkronisasi dengan baik di Windows. Berbagai upaya sudah mereka siapkan, salah satunya adalah universal store dan universal apps dimana jika kamu membeli apps di Windows, maka nantinya apps tersebut juga akan tersedia di Windows Phone. Kesatuan dan kesamaan UI juga menjadi hal yang cukup penting karena pengguna Windows akan menjadi lebih familiar dengan Windows Phone.

Mengintegrasikan Windows Phone dengan Windows yang merupakan OS terpopuler di dunia adalah hal yang cerdik. Popularitas Windows tentunya bakal berperan juga dalam mendongkrak popularitas Windows Phone. Kita sangat meyakini itu.

 

GAP FITUR SEMAKIN TIPIS

Windows Phone memang mengalami masa dimana fiturnya kalah telak dibandingkan dengan Android dan iOS. Tidak heran sangat sedikit orang yang tertarik untuk memilikinya waktu itu. Tetapi dengan dirilisnya Windows Phone 8.1 beberapa waktu lalu sangat terlihat bagaimana Microsoft berusaha mengejar ketertinggalan fitur tersebut.

Berbagai fitur baru telah ditambahkan di Windows Phone 8.1 mulai dari Action Center,smart personal assistant Cortana, integrasi dan sinkronisasi cloud, dsb.

 

MENDUKUNG PRODUKTIVITAS

Produktivitas memang menjadi fokus utama dari Microsoft saat ini. Tidak heran jika hal itu pula yang menjadi salah satu landasan utama dari pengembangan Windows Phone. WP sudah terintegrasi dengan aplikasi Office yang siap digunakan untuk membaca maupun mengedit dokumen secara mobile. Dukungan terhadap VPN bahkan sudah ditambahkan untuk pengguna enterprise.

Di platform lain Microsoft juga menyediakan Office Mobile, tetapi fungsionalitasnya tidak selengkap yang ada di Windows Phone.

 

METODE PEMBELIAN APPS YANG MUDAH MENGGUNAKAN PULSA

Terkadang greget juga ketika kita ingin membeli suatu apps, tetapi kesulitan untuk membelinya hanya karena terhalang oleh metode pembayaran yang tidak kita miliki. Di Windows Phone pengguna bisa membeli apps menggunakan pulsa yang tentu saja sangat memudahkan pengguna dalam mendapatkan aplikasi berbayar yang dia inginkan. Sayang belum semua provider di Indonesia mendukung metode pembayaran ini, saat ini yang WinPoin ketahui hanyalah Telksomsel dan Indosat saja yang sudah mendukung pembayaran aplikasi lewat pulsa di Windows Phone Store. (Dan hey, dalam banyak kasus aplikasi-aplikasi keren tersebut harganya tidak terlalu mahal! :D)

 

SECURE

Untuk urusan security apalagi bagi pengguna bisnis dan enterprise, Windows Phone menawarkan berbagai kelebihan seperti dukungan dokumen yang terpassword, VPN support, enkripsi email, mengakses resource perusahaan melalui firewall, dsb. Dengan fitur security tersebut ditambah kemampuan produktivitasnya yang baik, bukan tidak mungkin Windows Phone akan menjadi primadona baru di kalangan bisnis dan enterprise.

 

STABIL

WinPoin pernah mengadakan polling untuk mengetahui apa yang pengguna WP suka dari smartphone mereka. Jawabannya hampir serupa, stabil! Bahkan untuk device low end sekelas Lumia 520, jarang sekali pengguna WP mendapati adanya lag saat digunakan. Kestabilan dan kenyamanan saat digunakan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri, khususnya di smartphone kelas low end. Sayangnya untuk device low-end, banyak aplikasi yang belum mendukung. Tapi cepat atau lambat developer dari apps tersebut telah berusaha membuat dukungan, sama seperti game Subway Surfersbeberapa saat lalu.

 

NOKIA DIAKUISISI MICROSOFT

Setelah mengakuisisi Nokia, Microsoft kini memiliki hak dan kendali penuh atas perilisan Lumia. Pengembangan baik secara hardware maupun software sudah berada sepenuhnya di tangan Microsoft. WinPoin yakin hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses development dari Windows Phone itu sendiri. Belum lagi di tangan CEO baru Microsoft – Satya Nadella, Microsoft menunjukkan suatu kemajuan yang cukup pesat dan positif.

************

Namun dari 7 hal yang mampu membuat Windows Phone semakin populer tersebut, ada satu hal yang menurut kita harus segera diatasi oleh Microsoft. Jika hal ini bisa diatasi, maka bukan tidak mungkin perkembangan WP akan jauh lebih cepat dari saat ini.

 

PERKEMBANGAN APPS MASIH LAMBAT

Mayoritas aplikasi populer memang sudah ada di Windows Phone, namun statusnya kebanyakan masih Beta dan pengembangannya terbilang lambat. Ini memang bukan salah dari Microsoft, tetapi mereka perlu mencari cara dan mengupayakan agar developer bisa lebih tertarik dalam mensupport apps mereka di Windows Phone Store. Lambatnya perkembangan apps di Windows Phone store inilah yang menurut kita menjadikan perkembangan WP tidak secepat yang seharusnya.

Terlepas dari fakta statistik bahwa WP telah menjadi OS mobile dengan perkembangan tercepat di dunia, kita sangat yakin jika masalah ini teratasi maka perkembangan WP akan menjadi lebih luar biasa lagi.

via winpoin

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *