5 AKUISISI DI DUNIA IT HINGGA TAHUN 2014

akuisisi

Perusahaan teknologi belum henti-hentinya untuk menghabiskan banyak uang untuk mengakuisisi usaha “Startup” pada tahun 2014. Facebook khususnya telah mengeluarkan lebih dari $20 miliar dalam beberapa akuisisi nama besar. Google juga telah memiliki beberapa transaksi, dengan mengeluarkan miliaran dolar untuk membeli dua startup sebelum menjual Motorola.

Seperempat jalan ke tahun 2014, dan berikut adalah lima dari akuisisi teknologi terbesar dan paling penting sejauh ini:

1. Facebook membeli WhatsApp seharga $19 Milyar

Dalam salah satu penawaran teknologi terbesar sepanjang masa, Facebook menyambar aplikasi mobile messaging terpopuler WhatsApp sebesar $ 19 miliar. Kesepakatan itu adalah akuisisi terbesar Facebook sejauh ini dan membuat pembelian Instagram pada tahun 2012 seharga $1 Milyar terlihat seperti permainan anak-anak. WhatsApp mampu menjual begitu banyak terima kasih kepada pengguna setianya yang lebih dari 400 juta pengguna.

2. Google membeli Nest seharga $3,2 Milyar

Google menggebrak pembelanjaan dunia teknologi di tahun 2014 dengan pembelian Nest pada awal Januari sebesar $3,2 miliar. Nest adalah pelopor dalam apa yang disebut “Internet of Things” dan menjual termostat cerdas serta alarm asap pintar bernama Nest Protect.

Sayangnya untuk Nest dan Google, masalah dengan Nest Protect ditemukan baru-baru ini, menyebabkan Nest pekan ini untuk menghentikan penjualan produk.

3. Lenovo membeli Motorola dari Google sebesar $ 2,91 milyar

Setelah membeli Nest, Google menjual Motorola seharga $2,91 milyar. Google dan Motorola tidak pernah benar-benar mampu bersama, dan tampaknya Mountain View, California, raksasa teknologi memutuskan lebih baik bagi keduanya untuk berpisah.

Sementara itu, Lenovo membeli Motorola berharap pembelian akan membantu mendapatkan pijakan yang lebih besar di pasar smartphone. Perusahaan Cina tersebut mengatakan sepenuhnya bermaksud untuk bersaing dengan dan mengalahkan Apple dan Samsung.

4. Facebook membeli Oculus dengan harga $2 milyar

Setelah menghabiskan $19 milyar pada WhatsApp, Facebook dengan mudah membagi-bagikan tambahan $2 milyar pada akuisisi Oculus, sebuah startup Irvine yang mengkhususkan diri dalam virtual reality. Oculus memperoleh pengikut dalam dunia teknologi dan gaming setelah berhasil mendanai Rift, headset video game, melalui Kickstarter, tetapi perjanjian untuk menjual ke Facebook membuat marah para penggemarnya. Masih belum jelas apa yang direncanakan Facebook untuk perusahaan tersebut.

5. Google membeli DeepMind dengan nilai $500 juta

Tidak lama setelah membeli Nest dan sebelum menjual Motorola, Google menghabiskan setengah miliar dolar untuk memperoleh DeepMind, sebuah perusahaan teknologi Inggris yang berharap suatu hari membuat komputer berpikir seperti manusia. Google mungkin telah tertarik dengan berbagai ahli kecerdasan buatan perusahaan.

Via Cio-Today

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *