4 Tips Aman Bermain Media Sosial Ketika Mudik

Gapteker.com – Banyak keceriaan dan hal yang menyenangkan bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Salah satu cara berbagi keceriaan mudik tersebut adalah dengan upload foto atau saling bertukar kabar lewat media sosial.

Namun, apabila tidak berhati-hati dalam membagi informasi pribadi, media sosial dapat menjadi tempat yang berbahaya karena penggunanya membuka diri ke khalayak umum mengenai kegiatan dan lokasi tempat ia berada.

mudik6

Berikut tips untuk menjaga keamanan dalam menggunakan media sosial saat bepergian seperti dikutip dari Socialnomics:

1. Tinjau ulang pengaturan privasi

Banyak pengguna yang tidak peduli dengan pengaturan privasi karena dianggap terlalu membingungkan. Sebenarnya, hal ini harus dijadikan perhatian karena layanan media sosial terkadang sering mengubah pengaturan awal privasi tersebut, seperti Facebook yang mengubah pengaturan privasi menjadi Public sehingga foto dan lokasi Anda dapat diketahui oleh semua orang di seluruh dunia.

Profil Twitter dan Instagram pun dapat diketahui publik. Jadi, perhatikan dengan seksama foto apa yang ingin Anda tampilkan di publik dan aturlah privasi setiap post sesuai kebutuhan Anda.

2. Edit Daftar Teman

Perhatikan siapa saja yang menjadi teman Anda di media sosial. Mungkin banyak dari antara mereka yang memang teman Anda, namun ada juga beberapa yang merupakan orang asing.

Meski tidak semua orang asing berniat buruk, tidak tertutup kemungkinan mereka dapat bertindak kriminal dengan cara spamming, mencuri identitas atau bahkan memata-matai untuk berbuat jahat.

Hapuslah teman yang membuat Anda tidak nyaman dan kelompokkan kerabat dan teman yang benar-benar akrab sehingga foto-foto mudik Anda hanya dapat dilihat oleh mereka.

3. Jangan Post Info Pribadi

Mungkin terdengar klise, namun jangan pernah menuliskan info pribadi seperti email utama, nomor telepon dan alamat, terlebih lagi jika Anda sedang ke luar kota.

Dapat dibayangkan apa yang terjadi jika rumah Anda didatangi pencuri saat Anda sedang mudik hanya gara-gara teledor menuliskan alamat rumah dan info bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Begitu pula dengan detil perjalanan, jangan sampai orang lain tahu persis lokasi Anda, termasuk tempat penginapan, karena bisa saja Anda diserang penjahat yang mengetahui posisi Anda yang tertulis di media sosial.

4. Matikan Fitur Geotagging

Hampir seluruh media sosial kini memiliki fitur “check-in” di berbagai lokasi, seperti restoran, hotel, tempat wisata, dll. Bahkan ketika Anda mengambil foto, secara otomatis media sosial dapat mencantumkan lokasi tempat pengambilan foto tersebut berdasarkan GPS di gadgetAnda.

Jika Anda tidak yakin dengan pengaturan privasi media sosial yang Anda gunakan, lebih baik nonaktifkan fitur  geotagging  tersebut.

Dengan mengatur privasi, menyortir daftar teman dan memperhatikan dengan baik info yang akan Anda bagikan di media sosial, Anda tidak perlu lagi resah berbagi kabar saat menikmati perjalanan mudik.

via sidomi

About The Author

Gapteker Senior Writer

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *